Lakukan Ini Agar Ilmu Kita Bermanfaat dan Bernilai Pahala

Lakukan Ini Agar Ilmu Kita Bermanfaat dan Bernilai Pahala

Ali Jaber-ist-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Tidak sedikit dari kita yang menuntut ilmu, namun kadang tidak bermanfaat bagi si pemiliknya. Padahal ilmu yang disebut ilmu adalah jika bermanfaat. Yang dimaksud dengan ilmu yang bermanfaat adalah ilmu syar’i atau ilmu agama yang diamalkan oleh si pemiliknya.

Ilmu yang bermanfaat ialah ilmu yang dicari bukan untuk membanggakan diri dan sombong terhadap orang lain. Sehingga ketika ada orang di bawahnya menyampaikan suatu ilmu, maka ia pun akan menerima ilmu itu jika itu suatu kebenaran.

Mendiang Syekh Ali Jaber dalam tausiyahnya di channel youtube @SyekhAliJaberIndonesia pernah menjelaskan tentang memanfaatkan ilmu agar bermanfaat dalam kehidupan. Di hari akhir kelak Allah Subhanahu wa taala akan bertanya kepada setiap hamba-Nya tentang ilmu yang dimiliki.

Apa yang kamu lakukan dengan ilmumu?

Pada intinya, bukan seberapa banyak ilmu yang dimiliki, tetapi berapa banyak yang bisa diamalkan. Belajar dan amalkan. Walaupun anda belajar cuma sedikit, itu jauh lebih baik dari pada anda banyak belajar tapi tidak sempat mengamalkan.

Ada orang Masyaallah, ia sangat gemar belajar, dimana ada sumber ilmu dan majelis ilmu ia belajar terus, tetapi tidak pernah diamalkan.

BACA JUGA:Syekh Ali Jaber : Jangan Pernah Dengarkan Kabar Fitnah

Sudah diberikan amalan dzikir, wirid tapi tidak diamalkan. Kemudian ditambah lagi amalan yang lain juga tidak diamalkan. Akhirnya terbeban banyak amalan belum ditunaikan.

Ditegaskan Syekh Ali, dan ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diikuti dengan amal soleh

Imam Syafi’i memiliki nasehat yang berharga bagi pencari ilmu, di mana beliau berkata,

 

العلم ما نفع، ليس العلم ما حفظ

 

Sumber: