Mengajari Anak Sejak Dini Bermain Musik, Berikut Pilihan Alat Musik Untuk Anak

Mengajari Anak Sejak Dini Bermain Musik, Berikut Pilihan Alat Musik Untuk Anak

bermain musik-ist-

PENDIDIKAN, CURUPEKPRESS.COM- Mengajari anak sambil belajar merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan antara orangtua dan anak.

Mengajari anak tidak hanya perihal akademik saja. Anda bisa mengajari nya berolahraga, memasak dan kesenian.

Contohnya mengajari anak dalam bermain alat music serta bernyanyi.

Menurut Institut Otak dan Kreativitas Universitas Southern California tahunn 2016, pengalaman yang dimiliki dalam dunia music pada masa anak anak akan membantu mempercepat perkembangan otak.

Ada beragam alat music yang dapat dipelajari bersama si kecil, berikut pilihan alat musik untuk anak anak!

 

1.       Piano

Mengajari anak mengenal piano pada dasarnya cukup bermanfaat bagi dirinya.

Sebuah studi mengatakan anak yang bermain piano secara rutin dapat mengurangi adanya rasa cemas dan stress serta berdampak baik pada kesehatan mentalnya.

Selain menambah kemampuan pada anak. Mengajarkan piano dapat membentuk tingkat kepercayaan diri untuk berani berlatih dan tampil.

Untuk patokan umur mengajari anak bermain piano sebenarnya tidak ada, tapi lebih baik memulainya sejak umur menginjak 3 atau 4 tahun.

 BACA JUGA:

 

2.       Gitar

Memainkan gitar pada anak dengan tipe gitar klasik, dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengkoordinasikan antara tangan dan matanya.

Tentunya gitar menjadi alat music yang mudah untuk ditemukan.

Anda bisa memulai mengajari anak bermain gitar saat ia memasuki umur 7-8 tahun.

Karena di umur itu anaak sudah mampu menggerak tangan dan memetik gitar dengan baik dan tepat.

Perlu diketahui saat anak telah mampu memainkan gitar klasik, berarti memungkinkan anak untuk memainkan melodi dan ritme.

 

3.       Xylophone

Alat music satu ini memang kurang familiar untuk sebagian orang.

Xylophone merupakan alat music dengan kategori alat music pukul. Xylophone dapat mengeluarkan bunyi dengan cara dipukul.

Alat musik ini terdiri dari batang yang tersusun dan dipukul dengan stik.

Memainkan Xylophone dapat membantu anak dalam mengontrol tangan saat memainkannya. Bentuknya yang menarik dengan warna warni dapat menjadi daya tarik si kecil.

Anda sudah dapat mengenalkan alat ini saat anak sudah mulain menginjak umur 2 tahun.

BACA JUGA:

 

4.       Ukulele

Dengan bentuknya yang lebih kecil dari gitar, kurang lebih panjangnya 20 inci.

Dan memiliki suara yang khas berbeda dengan gitar. Dengan ukuran yang lebih kecil, alat ini termasuk yang mudah dimainkan bagi anak-anak.

Sebelum mengajari anak gitar, mungkin anda bisa lebih dulu mengenalkan ukulele. Anda bisa mengajari anak bermain ukulele saat menginjak umur 4-5 tahun.

 

5.       Drum

Alat masuk satu ini masuk dalam kategori perkusi. Alat musik ini dapat dimainkan dengar stik.

Drum yang dimaksud disini bukanlah yang berukuran besar. Sekarang telah banyak dipasaran drum berukuran kecil yang memang dikhususkan untuk anak anak.

Layaknya alat musik pukul, manfaat bermain drum dapat melatih koordinasi tangan dengan banyaknya komponen yang ada pada drum.

Dikatakan pula hasil dari bunyi dan perpaduan ritme yang kuat dapat membantu semua bagian pada otak untuk bekerja dengan cukup baik.

Untuk umur tidak ada batasan dalam mengajarinya, namun umur terbaik untuk mengenali drum baiknya saat anak menginjak 5 tahun.

 

 

Sumber: