Ini Pantai Dengan Api Abadi di Sulawesi Tengah

Ini Pantai Dengan Api Abadi di Sulawesi Tengah

Screnshot Ig Terkini Palu-istimewa-

 

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Ada satu lagi pantai yang layak dikunjungi jika ke Sulawesi Tengah. Pantai Tanjung Api, yang yang dijuluki pantai dengan api abadi. Hal ini lantaran jika pada malam hari anda berada disini pada malam hari akan menampakkan keajaiban alam berupa api alami yang muncul di pantai. Sesuatu yang jarang ditemui di pantai-pantai pada umumnya.

Munculnya api tersebut lantasan lokasi pantai ini  memiliki potensi sebagai kawasan sebagai sumber gas alam. Sepanjang pantai tanjung banyak dan mudah sekali untuk ditemukan sumber-sumber gas alami, wisatawan hanya perlu menggali pasir pantai sekitar 10 hingga 30 CM, maka akan ditemui gas, dan jika disulurkan ai makan bisa menyala. Api yang ada di tanjung disebut juga api abadi sebab bila tidak ditimbun pasir, api tetap menyala dan terus menerus menyala. 

Namun jika siang hari tampak biasa, pantai dengan hamparan pasir pantainya berwarna putih dan dikelilingi dengan hutan tropis di sekelilingnya, yang menambah indah pesona dari pantai yang satu ini.  Bukan hanya itu saja berbagai hewan seperti anoa, monyet dan berbagai macam burung hidup di hutan tersebut. Kawasan ini juga cocok untuk kegiatan snorkeling, dan jangan lupa untuk membawa perlengkapannya sendiri.

BACA JUGA: Melihat Pesona Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung

BACA JUGA:Legenda Di Balik Pantai Guci Batu Kapal Lampung

Begitu juga dengan bekal makanan dan minuman karena di tempat ini tidak dijumpai warung makan. 

Berkunjung kesini, tidak perlu lagi membawa korek api,  memasak air atau menanak nasi, cukup dengan menggali pasir, maka api akan menyembur seketika dari bawah pasir dan siap untuk dipakai memasak.

Perjalanan menuju lokasi objek wisata ini, anda akan disugui panorama bawah laut dengan terumbu karang dan padang lamun menjadi pemandangan yang luar biasa indahnya, sehingga tepat sekali menjadi lokasi untuk snorkeling.

Yang tidak kala menarik dalam perjalanan menuju lokasi ini anda akan melihat beberapa deretan rumah Orang Bajoe yang mengapung di perairan dangkal di pinggiran tanjung. Orang Bajoe, sejak mereka lahir hingga kehidupannya selalu bersentuhan dengan laut. Karena itu pula mereka tidak membangun rumahnya di daratan.

Serta untuk lokasi tepatnya objek wisata Pantai Tanjung Api ini berada di Telok Tomini Ampana, Sulawesi Tengah, denngan jarak tempuh kurang lebih 160 KM dari pusat kota poso. Kawasan ini juga masuk dalam Cagar Alam Tanjung Api.

Sumber: