Penting! Ternyata banyak Amalan yang Bisa Diterapkan Pada Hari Jumat

 Penting! Ternyata banyak Amalan yang Bisa Diterapkan Pada Hari Jumat

ilustrasi amalan.--

CURUPEKSPRESS.COM – Hari Jumat merupakan hari yang sering disebut hari keberkahan. Tentunya pada hari itu banyak sekali amalan yang bisa Anda terapkan sebagai umat muslim. Dikarenakan banyak sekali pahala dan keberkahan yang bisa Anda dapatkan apabila berbuat kebaikan pada hari Jumat.

Beribadah pada hari Jumat sangatlah istimewah sebabkan keutamaannya luar biasa dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Hal ini terbukti karena nabi Muhammad SAW juga sanat memulikan hari jumat. Begitu banyak hadits yang menjelaskan hal itu. Rasulullah SAW bersabda:

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam AS diciptakan dan dimasukkan kedalam surga dan dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terkecuali di hari jumat juga” (HR. Muslim)

Selain itu Allha juga memerintahkan untuk Anda khususnya bagi laki-laki untuk melaksanakan sholat dihari Jumat, yang dijelaskan Allah dalam Al-quran surah Al-Jumu’ah ayat 9 yang memiliki arti:

“Wahai orang-orang yng beriman! Apabila telah diseur untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual belimu” (QS. Al-Jumu’ah:9)

BACA JUGA:Amalan Mujarab Pembuka Pintu-Pintu Rezeki

Selain ibadah wajib yang harus dilakukan pada hari Jumat banyak amalan lain yang bisa Anda terapkan dalam pada hari Jumat yang dianjurkan dalam islam agar memperlolah keberkahan pada hari yang mulia itu. Ini seperti yang dijelaskan oleh Imam Al Ghazali:

“Pada hari Jumat ada waktu yang mulia yang mana doa akan dikabulkan secara mutlak dan waktu tersebut disamarkan pada keseluruhan hari itu seperti halnya yang diungkapkan oleh Al-Imam Al-Ghazali dan selainnya.” (Al-Alamah Abi Bakr bin Al- Sayyid Muhammad Syatha Ad-Dimyati, Hashiyah l’anah at-Thalibin, juz.2, hal 63, Dar Al-Fikr).

Adapun beberapa contoh amalan yang bisa Anda amalalkan untuk mendaptkan keberkahan di hari Jumat yaitu sebagai berikut.

1.Sholat jumat bagi yang muslim dan laki-laki yang suda balig

2.Membaca surat Al-kahfi serta mengamalkannya

3.Memakai pakaian terbaik dan wangi-wangian jika hendak berangkat ke masjid bagi laki-laki

4.Memotong kuku dan mencukur kumis bagi laki-laki

5.Anda juga bisa memperbanyak doa dan dzikir

Sumber: