Bahaya Menghirup Bensin yang Jarang Orang Ketahui

  Bahaya Menghirup Bensin yang Jarang Orang Ketahui

Sumber ss on pinteres, Ilustrasi mengisi bensin febri magang ce--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Sebagian orang menyukai bau bensin. Tidak hanya suka bahkan beberapa orang kecanduan dengan aroma bensin yang cukup menyengat. Seseorang menghirup bau bensin pada saat mengisi bahan bakar minyak atau bensin di pertamina maupun dan emperan jalan. Namun, terlalu sering menghirup bensin berbagai penyakit berbahaya yang terjadi pada tubuh.

Bensin mengandung sekitar 150 bahan kimia yang berbeda, kandungan senyawa seperti alkena, benzena, toluena, metana, dan xilena merupakan senyawa hidrokarbon yang dapat menjadi racun bagi tubuh jika masuk ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, menghirup bau bensin sama dengan menghirup racun. Efekdari menghirup bensin tidak boleh di sepelekan pastinya sangat berbahaya bagi tubuh menghirup bensin juga bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru.

Bahkan menghirup bensin dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan kematian.

Berikut bahaya menghirup bensin:

1. Kerusakan Saraf

Bahaya menghirup bensin yang pertama yaitu dapat menyebabkan kerusakn saraf. Menghirup dengan cara berkala dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf dan dapat menyebabkan tremor kemudian mempengaruhi seseorng saat berbicara dan berjalan bahkan menyebabkan ilusi dan bisa menyebabkan seseorang bisa menjadi gila jika dilakukan dalam waktu yang lama.

Uap bensin yang tertumpuk akan menyebabkan seseorang susah dalam mengingat dan berbincang seperti biasanya. banyak kerusakan saraf lainnya jika dilakukan dalam jangka waktu panjang.

BACA JUGA:

2. Kanker Paru-paru

Bahaya menghirup bensin selanjutnya yaitu kangker paru-paru. Aroma yang menyengat dari bensin dapat mengakibatkan kangker paru-paru jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, gejala awalnya batuk hingga sesak nafas. pada saat menghirup bensin racun berupa benzena yang terhirup masuk dapat menyebabkan kangker paru-paru.

3. Iritasi Pada Mata dan Kuit

Bahaya selanjutnya yaitu iritasi pada mata dan kulit. Meskipun mata dan kulit tidak dapat kenghirup namun iritasi mata dan kukit dapat terjadi ketika terkena percikan bensin saat mengisi bensin.

Partikel bensin yang terkena mata akan menyebabkan iritasi, Perih, berair dan tampak kemerahan. sedangkan pada kulit akan terasa panas, perih dan menyebabkan iritasi, semakin banyak bensin yang terpapar maka akan semakin besar pula resiko yang akan di dapat. maka dari itu, pada saat mengisi bensin ada baiknya ubtuk menjaga jarak agar terhindar dari percikannya

4. Masalah Pencernaan

Sumber: