Jumlah Soal Serta Susunan Kegiatan ANBK SD Tahun 2023

Jumlah Soal Serta Susunan Kegiatan ANBK SD Tahun 2023

Pelaksanaan Gladi bersih ANBK beberapa waktu lalu di Rejang Lebong.-DOK/CE-

PENDIDIKAN, CURUPEKSPRESS.COM - Menghadapi pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2023/2024 yang akan mulai dilaksanakan pada Senin 23 Oktober mendatang. Tentunya mempunyai beberapa jumlah soal yang harus di kerjakaan oleh para peserta ANBK.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek) telah merilis kumpulan pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai jumlah soal ANBK 2023.

Berdasarkan praturan Prosedur Operasional standar (POS) penyelengara ANBK tahun 2023 yang diterbitkan oleh kemendikbud Ristek, didalam ANBK sendiri ada sebanyak dua bentuk soal yang akan disajikan. Adapun diantaranya yakni bentuk soal objektif dan bentuk soal non objektif, yang mana bentuk soal objektif tersebut meliputi pilihan ganda yang bentuknya kompleks menjodohkan serta isian yang singkat.

Sedangkan bentuk soal non objektif tersebut berupa soal uraian. ANBK juga dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi itu sendiri mencakup beberapa aspek seperti konten, level kognitif, dan konteks yang berada dalam komponen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dengan rincian sebagai berikut. 

BACA JUGA:

1. Literaasi ( Membaca ) 

Yang didalamnya terdapat aspek konten yang terdiri dari teks sastra Fiksi dan Informasi, Aspek Kognitif yang menemukan informasi, menafsirkan dan mengintegrasikan, serta mengevaluasi dan merefleksi, sedangkan aspek konteks yakni personal, sosial budaya, dan seintifik.

 

2. Numerasi 

Yang didalamnya terdapat aspek konten yang meliputi, bilangan aljabar, geometri dan pengukuran, serta data dan ketidak pastiaan. Aspek level Kognitif yang meliputi pemahaman, aplikasi, dan penalaran. serta Aspek konteks yang terdiri dari personal, sosial budaya, dan saintifik.

yang mana jumlah soal AKM tersebut yakni sebanyak 30 soal untuk masing - masing soal literasi dan numerasi. 

Adapun susunan Kegiatan dalam ujian ANBK tingkat SD/MI tahun 2023/2024, akan dibagi menjadi dua tahapan, diantaranya untuk tahap pertama akan dilaksanakan pada 23 hingga 26 Oktober, sedangkan untuk tahap kedua akan dilaksanakan pada 30 Oktober hingga 2 November mendatang.

 

Berikut susuan kegiatan diantaranya :

Sumber: