Tips Sukses Ikuti ANBK 2023, Kuncinya Percaya Diri Saat Ujian

Tips Sukses Ikuti ANBK 2023, Kuncinya Percaya Diri Saat Ujian

Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK di salah satu Sekolah di Rejang Lebong.-Aziz/CE-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Kurang lebih 3 tahun terakhir Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan sekolah telah diganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Untuk diketahui pada dasarnya ANBK tersebut bertujuan untuk mengukur tiga instrumen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar (Sulinjar). 

Ketiganya merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan merangkum segala proses, dan output pembelajaran di seluruh sekolah di Indonesia.

Berikut, tim curupekspress.com merangkum dari berbagai sumber mengenai tips untuk bisa mensukseskan ANBK tahun 2023 ini.

Adapun tips tersebut diantaranya yakni: 

 

1. Pahami Komposisi Soal dan Waktu Ujian

Tips yang pertama yang harus kamu lakukan dalam persiapan ANBK tahun 2023 ini yakni kamu telah mencari tahu tentang susunan komposisi soal dan durasi waktu ujian. Dengan mengetahui kedua hal ini, kamu dapat membuat manajemen waktu untuk eksekusi secara maksimal.

BACA JUGA:

2. Banyak Latihan Soal

Tips yang kedua yang harus kamu lakukan dalam persiapan ANBK tahun 2023 yakni, kamu juga bisa berlatih soal sebanyak-banyaknya di aplikasi belajar daring. Dan juga banyak membaca bahan ajar yang telah diberikan guru di sekolah.

 

3.Jawab Soal Sebanyak-banyaknya 

Tips yang ke tiga yakni Jika kamu sudah berlatih soal sebanyak-banyaknya. Dengan demikiain, maka besar kemungkinan kamu lebih terbiasa dengan soal - soal yang disajikan saat ujian.

Tentu tidak lupa tetap fokus kerjakan soal-soal yang terasa lebih mudah bagimu dan gunakan waktu yang tersisa untuk menjawab soal-soal yang lebih sulit. 

BACA JUGA:

 

4. Istirahat yang Cukup dan Percaya Diri

Tips yang keempat yakni dibutuhkan konsentrasi dan daya fokus agar dapat terjaga selama ujian. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup, jangan terlalu memaksakan kondisimu saat persiapan. Karena justru dengan memiliki jam istirahat yang cukup, kondisi fisik dan daya fokusmu dapat terjaga maksimal di hari ujian, dan jangan lupa tingkatkan ibadah serta berdoa supaya dilancarkan dalam pelaksanaan ANBK.

Demikian Tips yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi ANBK 2023 yang sudah didepan mata ini, dengang semangat bagi seluruh siswa yang akan menjalaninya, mari tetap optimis dan berharap semoga hasil ANBK tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: