Istimewanya Pantai Pagatan Kalimantan Selatan

 Istimewanya Pantai Pagatan Kalimantan Selatan

Screnshot IG ekplortanahbumbu-ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Di Kalimantan Selatan ada satu pantai yang istimewa untuk dikunjungi, Pantai Pagatan namanya. Pantai ini terletak di Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Pantai ini istimewa lantaran pantai ini digunakan sebagai lokasi ritual khas nelayan keturuanan bugis, yang dinamakan Macceratasi atau pesta laut.

 

Pesta laut bentuk ungkapan rasa syukur dari hasil laut yang melimpah, serta memohon perlindungan selama nelayan pergi melaut, dengan melabuhkan sesajen. Dimana sesajen sendiri sebelumnya sudah dibacakan doa terlebih dahulu, baru dihanyutkan ketengah laut. 

Pesta laut ini juga dilengkapi dengan adanya atraksi musik dan tarian - tarian tradisional, serta pada puncaknya acara  akan ada kapal-kapal nelayan berhiasan menuju ketengah laut. Lengkapnya pesta laut ini, selama kurang lebih tiga pekan, selama tiga pekan tersebut akan ada pasar malam dan pemeran dilokasi acara tersebut, sehingga menjadi hiburan tersendiri untuk masyarakat setempat.

 

Terlebih lagi pantai yang satu ini, memiliki  panorama laut biru, deburan ombak yg relatif kecil, pohon kelapa yg melambai-lambai dan angin laut yang bertiup sepoi – sepoi, sehingga melengkapi keindahan dari istimewanya Pantai Pagatan.

Istimewa dan keindahan pantai akan terpancar dari sinar matahari yang menghiasi langit dengan warna emas. Suara deburan ombak yang tenang juga menjadi daya tarik para pengunjung untuk bersantai di pinggir pantai.

BACA JUGA:

Pantai yang satu ini memiliki pasir yang putih, dan memiliki pantai yang panjang barat ke timur, bahkan luasnya mencapai 1,5 Hektar, sehingga anda bisa dengan puas dan bebas bermain dipantai ini. Pada pagi dan sore hari biasanya masayarakat setempat kerap berolahraga dengan menyusuri pantai, serta melakukan aktifitas waterspot.

 

Ada juga akatifitas lain yang bisa dilakukan dipantai, yakni untuk yang hobi Memancing menjadi kegitan yang menarik disini. 

Menimati sunset matahari terbenam, dapat anda nikmati sambil bersantai di tepi pantai atau dari pondok-pondok wisata. Bila anda bosan berada di sekitar pantai, anda dapat mengunjungi perkampungan nelayan yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Selain menyaksikan secara langsung budidaya ikan, di sini anda juga dapat menemukan beberapa keluarga yang menjual keripik ikan.

 

Untuk datang kesini  tidak begitu jauh dari Bandara Syamsudin Noor, kurang lebih 285 km. Pantai ini sangat mudah ditemui, di tepi Jalan Trans Kalimantan poros selatan. Jika ingin long stay, anda bisa menginap di Resort atau memilih salah satu losmen murah meriah di Kota ini. Pasalnya di kota Pagatan ini, terdapat banyak sekali penginapan yang sesuai dengan bajed anda, mulai yang murah hinggal hotel berbintang, bisa anda dapatkan dikota ini.

Sumber: