Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa dan Sekolah

 Tips Menjadi Guru Favorit Bagi Siswa dan Sekolah

Screnshoot guru favorit.-ist-

 

PENDIDIKAN,CURUPEKSPRESS.COM - Tim curupekspress.com merangkum tips dan trik agar bisa menjadi sosok guru favorit bagi siswa dan anak didiknya. Berikut tips dan trik yang bisa anda coba.

1. Selalu tulus dalam mengajar

Didalam melakukan sesuatu terutama mengajar, anda harus tulus dalam melaksanakannya, karena ketiak anda bisa tulus maka hasilnya akan maksimal. Tulus dalam mengajar merupakan salah satu kunci utama kesuksesan seorang guru, salah satu ciri seorang guru yang tulus dalam melaksanakan pembelajaran yakni selalu hadir didalam kelas dengan tepat waktu, saat ini sangat banyak sekali seorang guru ketika masuk kekelas terlalu sibuk dengan urusannya, bahkan mengerjakan pekerjaan lainya, dan hal ini menjadi salah satu penyebab murid kurang menyukai guru yang mempunyai kebiasaan tersebut, selain itu seorang guru yang tulus akan menerima kritikan maupun saran dari siswa dengan sepenuh hati, dan belajar dari kesalahan dalam mengajar kemudian memperbaikinya.

 

2. Memberikan Inspirasi

Seorang guru harus bisa menginspirasi supaya bisa dikagumi oleh para siswanya, seorang guru akan bisa menginspirasi ketika mempunyai integritas, jujur, dan tulus serta amanah dalam bekerja supaya bisa menjadikan teladan bagi siswanya.

sebagai contohnya yakni memberikan inspirasi dengan memperlihatkan attitude yang baik ketika melaksanakan pembelajaran, mudah memaafkan kesalahan siswa, sabar dalam mengajar, dan selalu semangat dalam mengajar, sehingga terbentuknya lingkungan belajar yang positif. Selain itu inspirasi juga dapat disalurkan melalui bercerita pengalaman hidup kepada siswa, terutama pengalaman yang bisa mendorong pada siswa dalam menggapai impiannya.

BACA JUGA:Selasa Ini Pengukuhan 4 Guru Besar Kampus IAIN Curup

3. Humoris

Seorang guru juga menjadi favorit banyak murid ketika mempunyai karakter humoris, karena karakter ini dapat mendorong murid lebih antusias ketika belajar, sehingga tercipta kondisi belajar dengan santai. Guru yang bisa mencairkan suasana dengan karakter humoris banyak disukai murid karena suasana belajar akan terasa lebih menyenangkan, karena murid merasa jenuh jika suasana belajar yang terlalu serius dan kaku.

Dengan karakter humoris juga bisa mendorong guru untuk membangun kedekatan lebih kepada murid. Guru bisa menceritakan pengalaman lucu, info yang sedang trending kepada murid atau membuat games ketika melihat murid mulai bosan atau ngantuk.

 

4. Dekat dengan Murid

Sumber: