6 Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Mengatasinya

6 Efek Samping Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Mengatasinya

ilustrasi penggunaan masker sumber on pinteres, febri magang-ist-

 

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Kopi memiliki banyak manfaat, salah satunya dimanfaatkan untuk alat kecantikan. Masker wajah dari kopi merupakan cara yang baik untuk memeberikan manfaat bagi kulit anda. 

Tidak banyak yang tahu selain memiliki manfaat untuk kulit ternyata, masker kopi juga memiliki efek samping. Selain karbohidrat, protein dan sedikit lemak, kopi juga mengandung kafein, magnesium dan bahan kimia tumbuhan seperti, polifenol yang mengandung asam klorogenat dan asam kuinat, juga diterpen yang mengandung kafestol dan kahweol. 

 

Meski kopi kopi memiliki manfaat untuk kulit, akan tetapi tidak di anjurkan untuk tidak berlebihan saat digunakan untuk masker wajah. Karena, memiliki efek samping bagi kulit. 

Berikut efek samping dari penggunaan masker kopi pada kulit:

 

1. Kulit menjadi sensitif

Efek samping masker kopi pada kulit yang pertama yaitu kulit menjadi sensitif. Perlu di perhatikan jika sudah terlalu banyak mrnggunakan produk kecantikan untuk tidak menambahnya dengan masker kopi berlebihan. Hal ini terjadi karena beberapa obat dan produk yang dijual bebas dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif atau mengelupas, seperti krim retinoid yang diresepkan atau produk yang mengandung retinol atau benzoil peroksida. Mengangkat sel kulit mati dengan masker kopi saat menggunakan produk ini dapat memperburuk kondisi kulit dan membuatnya menimbulkan beberapa masalah kulit lainnya.

 

2. Iritasi kulit

Efek samping dari masker kopi pada kulit selanjutnya yaitu iritasi pada kulit. iritasi kulit dapat muncul karena tekstur permukaan kopi yang kasar. Pada saat anda mengoleskan masker kopi pada wajah, wajah pun mengalami gesekan yang bisa mengikis lapisan alami kulit. Membuat wajah pun rentan mengalami iritasi yang di tandai dengan rasa perih kemerahan bahkan luka. 

Seperti yang kita ketahui, kulit bagian wajah merupakan bagian tiis dari bagian lainnya. So, iritasi lebih mudah terjadi karena penggunaan masker kopi apalagi anda memekainya secara berlebihan bahkan menggosoknya dengan kasar. 

BACA JUGA: Bekas Kebun Bunga Tien Soeharto, 100 Persen jadi Kebun Kopi Garapan Warga

Sumber: