Bekas Kebun Bunga Tien Soeharto, 100 Persen jadi Kebun Kopi Garapan Warga

 Bekas Kebun Bunga Tien Soeharto, 100 Persen jadi Kebun Kopi Garapan Warga

Area bekas Kebun Bunga Tien Soeharto jadi kebun kopi warga-Ari/ce-

 

CURUPEKSPRESS.COM - Tahukan kamu? Bekas kebun bunga Ibu Tien Soeharto yang terletak di Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong, kini sepenuhnya telah berubah menjadi hamparan kebun kopi yang dikelola warga.

Dari yang diceritakan warga desa setempat, jenis kopi yang dikelola warga tersebut yakni kopi arabika.

Bahkan katanya warga yang mengelola kebun kopi di area bekas Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto bukan hanya warga Desa Mangkurajo saja, tetapi juga ada warga dari desa tetangga seperti Desa Suka Sari dan warga dari luar Desa Mangkurajo lainnya.

Selain perkebunan kopi, lahan bekas kebun bunga milik Ibu Tien Soeharto di Desa Mangkurajo juga ada yang ditanami buah jeruk dan palawija.

Dari pantauan curupekspress.com sendiri, kawasan perkebunan yang berada di sisi jalan kebun kopi juga diselingin dengan tanaman buah nangka yang masih berusia muda.

Berbeda halnya dengan dahulu kala, dimana area kebun bekas milik Ibu Tien Soeharto diperkirakan mencapai 750 sampai 1.500 hektar.

Area perkebunan tersebut terbentang dari Dusun II Desa Mangkurajo hingga ke pegunungan arah selatan Kabupaten Lebong.

Diceritakan juga, dengan lahan seluas itu dulunya ada banyak jenis tanaman yang ditanam. Selain kebun bunga, juga ada kebun kopi yang membentang hampir seluruh kawasan kebun milik Ibu Tien Soeharto.

Kemudian ada juga tanaman asparagus, kebun stroberi, ada bunga anggrek juga.

Namun memang, untuk kondisi sekarang sudah tentu berubah. Karena cerita kebun bekas Ibu Tien Soeharto terjadi sekitar lebih dari 30 hingga 40 tahun lalu.

 

BACA JUGA:

Nah penasaran kan, jika kamu seorang traveler atau penyuka daerah pegunungan yang bernilai sejarah. Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong bisa menjadi salah satu pilihan ketika datang ke Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu.

Sumber: