Waspada Penyebab Kanker Kulit, dan Cara mencegahnya

Waspada Penyebab Kanker Kulit, dan Cara mencegahnya

ILUSTRASI/Kanker Kulit--

HEALTH,CURUPEKSPRESS.COM - Kanker kulit merupakan jenis kangker tumbuh pada bagian jaringan kulit. Kanker kulit ditandai dengan perubahan pada kulit. Seperti, seperti bercak, benjolan dan tahi lalat yang ukurannya besar. 

Kangker kulit merupakan jenis kanker yang banyak diagnoisi di seluruh dunia. Kanker kulit diduga disebabkan oleh sinar ultraviolet dari matahari. Sinar ini menyebabkan rusaknya sel kulit sehingga menyebabkan kanker kulit.

 

Penyebab kangker kulit 

Kanker kulit disebabkan oleh perubahan genetik pada sel kulit. Perubahan itu belum diketahui secara pasti, diduga kuat karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sinar ultraviolet dari matahari akan merusak kulit dan memicu pertumbuhan yang tidak normal pada kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan, terutama pada rentang waktu antara pukul 10.00 sampai 16.00 sore, merupakan salah satu penyebab kanker kulit.

Pada jam tersebut, sinar UV yang dipancarkan oleh sinar matahari cukup kuat. Sinar UVA dan UVB, dua jenis sinar UV, memiliki dampak buruk pada kulit dan bisa menyebabkan kangker kulit. 

Kangker kulit juga bisa di sebabkan oleh keluarga dengan riwayat kangker kulit. Seseorang yang mengalami kangker kulit beresiko tinggi terkena kangker kulit juga.

Resiko ini akan meningkat jika salah satu kluarga dengan tiwayat kangker kulit. Kangker kulit juga bisa terjadi akibat daya tahan tubuh yang lemah.

sistem kekebalan tubuh yang melemah. Lemahnya imunitas tubuh biasanya terjadi pada penderita HIV/AIDS atau orang yang mengonsumsi obat imunosupresan setelah transplantasi organ. kekebalan tubuh yang melemah juga bisa diakibatkan oleh berbagai jenis virus. 

 

Berikut cara mencegah kangker kulit:

 

1. Menghindari paparan sinar matahahari secara berlebihan

Sumber: