Jangan Kalah dari Kecerdasan Buatan, CPNS Diminta Kreatif Manfaatkan Medsos. Ini Penjelasan Menpan RB Abdulla

 Jangan Kalah dari Kecerdasan Buatan, CPNS Diminta Kreatif Manfaatkan Medsos. Ini Penjelasan Menpan RB Abdulla

Menpan RB-ist-

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Perlu diketahui bersama, era kecerdasan buatan yang ada saat ini mempengaruhi banyak sektor. Tidak terkecuali PNS dan CPNS di sektor pemerintahan. Karena nya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memberi sejumlah catatan yang menjadi bekal bagi aparatur sipil negara (ASN) muda agar tidak tergerus zaman.

Berikut pesan yang disampaikan Anas dikutip dari laman resmi SSCASN saat dirinya memberi pembekalan kepada 2.079 CPNS lulusan Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan, Senin (30/10/3023). Pada pembekalan yang dilakukannya, Anas menekankan agar kreativitas dapat menjadi skill atau kemampuan utama yang wajib dimiliki oleh masing-masing peserta CPNS 2023 ini.

"Peserta CPNS harus kreatif serta memiliki kemampuan mengkonsep suatu ide," kata Menpan RB Azwar Anas.

Dijelaskan Anas, kreatif yang dimaksud juga meliputi kemampuan untuk desain dan visual. Sehingga tak bisa dipungkiri, menurutnya media sosial (medsos) yang berkembang pesat saat ini menuntut anak muda untuk memiliki kemampuan visual yang mumpuni.

BACA JUGA:

"Pola komunikasi pemerintah ke masyarakat pun lebih efektif dengan medsos yang punya audio visual lebih menarik dan mudah dipahami," lanjutnya.

Adapun kemampuan berinovasi yang juga harus ditumbuhkan oleh para peserta CPNS  tambah Anas, harus diciptakan oleh pimpinan instansi. Kemudian rasa ingin tahu para calon ASN juga harus dipupuk.

Bahkan dari sisi teknologi, CPNS juga harus mampu mengeksplorasi dirinya agar memahami berbagai software. Bahasa pemrograman juga tidak kalah penting, sebab kecanggihan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan digital masing-masing ASN.

"Kemampuan lain yang harus dimiliki adalah memecahkan masalah dan analisis data," tambah Anas.

Disamping itu lanjut Anas pada materi pembekalan yang diberikan, kemampuan komunikasi juga hal penting yang harus dimiliki calon ASN. Karena pegawai pemerintah pun tak bisa lepas dari tugas-tugas negosiasi. Sehingga rasa empati terhadap seseorang, sekaligus kemampuan mempengaruhi dan mengedukasi adalah hal mutlak yang harus dimiliki.

"Perlu diingat, kita juga harus memiliki kemampuan bicara, menulis, dan mendengarkan," tegas Anas.

BACA JUGA:

Sementara itu diakhir pembekalan yang diberikannya, Anas juga memberi arahan agar para CPNS memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan. Analisis seorang ASN terhadap suatu masalah, bisa terlihat dari keputusan yang diambil.

"Calon ASN sebaiknya mampu menempatkan diri dan bertanggung jawab atas tugas yang sudah dipercayakan padanya," tutupnya.

Sumber: