Fakta Masjid Al Aqsa Kiblat Pertama Umat Muslim

Fakta Masjid Al Aqsa Kiblat Pertama Umat Muslim

Sumber foto ig @yasirgurbuz pemandangan Masjid Al Aqsa--

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Masjid Al Aqsa atau Masjidil Aqsa adalah kompleks masjid yang lokasinya berada di  Yerusalem Timur, terletak di Kota Tua, Palestina. 

Dalam Islam diketahui, Masjid Al Aqsa merupakan sebuah masjid yang sangat istimewa dengan ukuran luas yang terdiri dari 144.000 meter persegi dan memiliki kapasitas untuk menampung jamaah sekitar 500.000 jamaah.

Sabahat Curup Ekspress, namun tahukah kamu? Fakta tentang Masjid Al Aqsa adalah kiblat pertamanya umat muslim dulu? 

Masjid Al Aqsa merupakan kiblat pertama bagi umat Islam dalam menunaikan shalat, hingga 17 bulan usai Nabi hijrah hingga kemudian arah kiblat dipindahkan ke Ka'bah Masjidil Haram.

BACA JUGA:

Sejak peristiwa itulah, Rasulullah mulai melakukan dakwahnya untuk menyampaikan perintah shalat 5 waktu menghadap ke Ka'bah kepada para sahabat dan pengikutnya kala itu.

Sebagaimana diceritakan dalam Al-Quran Surat Al-Isra ayat pertama, merupakan muzijat dari Allah dan peristiwa terbesar dalam sejarah manusia, ketika Rasulullah dipertemukan langsung dengan sang pencipta.

Yang mana peristiwa ini disebut dengan perjalanan Isra Mi'raj, yakni sekitar satu bulan, Rasulullah menerima wahyu berupa perintah shalat 5 waktu yang menghadap ke Ka'bah Mekkah.

Dalam perjalanan tersebut, Rasulullah didampingi oleh Malaikat Jibril dengan mengendarai Buraq, berangkat dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha.

Di Al-Aqsa inilah, Buraq itu melintas melewati sebelah dinding barat Masjidil Aqsa kemudian menuju Sidratul Muntaha, berjumpa dengan Allah Subhanahu wa taala.

Masjid Al-Aqsa adalah tempat yang diberkahi oleh Allah, karena kawasan Masjid Al-Aqsa merupakan tempat diutusnya para Nabi.

Allah Subhanahu wa taala mengistimewakan wilayah itu, dimana Allah berikan kesuburan tanahnya, sehingga menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan, serta barang tambang yang terkandung di dalamnya. 

BACA JUGA:

Sebagian ulama dan sejarawan berpendapat bahwa Masjid Al Aqsa dibangun oleh Nabi Adam AS dan sebagian lagi berpendapat bahwa Masjid Al Aqsa dibangun oleh Nabi Ibrahim.

Sumber: