5 Fakta dan Keistimewaan Masjid Al Aqsa di Palestina

 5 Fakta dan Keistimewaan Masjid Al Aqsa di Palestina

Screenshot ig @blisss.eleven bangunan Masjid Al Aqsa-ist-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Masjid Al Aqsa merupakah salah satu masjid yang berada di Tanah Syam dan sering dikunjungi oleh umat Islam dunia ketika sedang melakukan perjalanan religi. Bahak bukan tanpa alasan, Masjid Al Aqsa merupakan situs suci dari tiga agama, termasuk Islam, yang mempunyai sejarah penting dalam perkembangan agama Islam itu sendiri.

 

Lantas apa saja fakta dan keistimewaann Masjid Al Aqsa?

 

1. Kiblat Pertama Umat Muslim

Adapun keistimewaan Masjid Al Aqsa  yang pertama ialah kiblat pertama bagi umat Islam dalam menunaikan shalat. Sebelum akhrinya hijrah ke Madinah, kabarnya Rasulullah dahulu menunaikan shalat dengan menghadap ke Masjid Al Aqsa.

Suatu saat Rasululllah melaksanakan perjalanan Isra Mi'raj, yakni sekitar satu bulan, Rasulullah menerima wahyu berupa perintah shalat 5 waktu yang menghadap ke Ka'bah Mekkah.

Sejak peristiwa itulah, Rasulullah mulai melakukan dakwahnya untuk menyampaikan perintah shalat 5 waktu menghadap ke Ka'bah kepada para sahabat dan pengikutnya kala itu.

BACA JUGA:Buat Kalian yang Menyalahkan Palestina, Simak Baik-baik Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

2. Masjid Kedua yang Dibangun di Bumi

 

عَنْ أبي ذر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ؟ قَالَ الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ قَالَ قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى قُلْتُ كَمْ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ أَرْبَعُونَ سَنَةً وَأَيْنَمَا أَدْرَكَتْكَ الصَّلَاةُ فَصَلَّ فَهُوَ مَسْجِدُ

 

Artinya : Dari Abu Dzar, ia berkata; "Aku pernah bertanya, 'Ya Rasulullah, masjid mana yang pertama kali dibangun di muka bumi ini?' Beliau menjawab, 'Masjidil Haram.' Aku bertanya lagi: 'Kemudian yang mana lagi?' Beliau menjawab, 'Masjid Al-Aqsha.' Aku bertanya lagi, 'Selang berapa lama keduanya dibangun?' Beliau menjawab, '40 tahun, tetapi di mana pun kamu mendapati waktu sholat, maka kerjakanlah sholat, karena tempat itu sebagai masjid." (HR. Bukhari dan Muslim)

Sumber: