Pelajar Harus Tau, Begini Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023

 Pelajar Harus Tau, Begini Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023

ilustrasi kartu KIP-ist-

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Meski sudah menuju tutup tahun 2023. Namun pelajar yang ada di Indonesia harus mengetahui proses pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Pasalnya saat ini pendaftaran untuk akun KIP Kuliah sudah dibuka dan akan berlangsung hingga 31 November 2023.

Dimana untuk mereka yang ingin mendaftar silahkan membuat akun terlebih untuk mereka yang mendaftar kuliah melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). KIP Kuliah sendiri bantuan pendidikan yang memberikan pembiayaan biaya kuliah dan uang saku kepada mahasiswa hingga mereka lulus, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

BACA JUGA:

Adapun mereka menjadi penerima KIP Kuliah, calon mahasiswa harus memenuhi syarat kepemilikan KIP, berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), mahasiswa dari panti sosial atau panti asuhan, atau mahasiswa dari keluarga yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Jika tidak termasuk didalam komponen tersebut maka  masih dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan ekonomi yang tidak mampu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Dimana pendaftar bisa membuktikan dan meyakinkan jika mereka dalam ekonomi menengah kebawah. Salah satunya jika penghasilan kotor gabungan orang tua atau wali tidak boleh melebihi Rp 4 juta per bulan.

Serta untuk KIP Kuliah 2023 dapat dilakukan melalui situs Sistem KIP Kuliah dan aplikasi mobile KIP Kuliah. 

BACA JUGA:

Adapun yang harus disiapkan peserta sebelum mendaftar yakni : 

-  NIK, 

- Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), 

- Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang valid dan aktif.

Langkah - langkah untuk mendaftar sendiri bisa dengan cara berikut : 

Sumber: