Diperpanjang Sampai Juni 2024, Begini Cara Daftar Bansos Mudah Cukup Pakai HP

 Diperpanjang Sampai Juni 2024, Begini Cara Daftar Bansos Mudah Cukup Pakai HP

screenshoot bansos-ist-

CURUPEKSPRESS.COM - Kabar gembira bagi masyarakat ditengah dampak kemarau saat ini. Pasalnya, Pemerintah Republik Indonesia resmi memperpanjang pemberian bantuan sosial (Bansos) beras 10 Kg. 

 

Dimana yang awalnya diwacanakan hanya sampai Desember 2023, namun dengan kebijakan terbaru ini Bansos tersebut akan diperpanjang hingga bulan Juni tahun depan. 

 

Perpanjangan pemberian Bansos beras ini, dikarenakan harga beras yang ada saat ini belum turun secara signifikan sejak bansos beras diberikan dan disalurkan oleh pemerintah. 

 

Di sisi lain, untuk Bansos beras 10 Kg itu akan diberikan kepada 22.004.077 keluarga penerima manfaat (KPM) yang tergabung dalam kelompok bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH). Kemudian 1.446.809 untuk keluarga rawan stunting (KRS) pada 2024. 

 

Selain penerima manfaat di atas, kesempatan bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam kelompok penerima bantuan itu dan ingin mendapatkan bantuan bisa mengikuti berbagai cara seperti yang dijelaskan dalam  artikel di bawah ini. 

 

 

Sebagaimana diketahui, pemerintah menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai basis untuk menyalurkan Bansos Beras 10 kg. Oleh karena itu, semua individu yang terdaftar dalam DTKS memenuhi syarat untuk menerima Bansos Beras 10 kg. Untuk mendaftarkan diri dan masuk ke dalam DTKS, masyarakat dapat menggunakan aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

 

Untuk mendaftar dan memperoleh Bansos Beras, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

Sumber: