KPU Kepahiang Temukan 4 Kotak Suara Rusak

 KPU Kepahiang Temukan 4 Kotak Suara Rusak

surat suara rusak di kepahiang-NICKO/CE-

 

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Dari 2.646 kotak suara yang diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang untuk 526 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Diketahui ada 4 kotak suara yang kondisinya dalam keadaan rusak. Hal itu disadari, saat pihak KPU melakukan perakitan kotak suara untuk persiapan.

 

Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Indra SE mengatakan, kotak suara yang diterima pihaknya memang belum dilakukan perakitan atau belum berbentuk kotak. Sehingga saat pihaknya melakukan perakitan sekaligus penyortiran terhadap kotak suara tersebut. Ditemukan setidaknya 4 kotak suara dalam keadaan rusak.

BACA JUGA: Anggaran Pilkada 2024 di Kepahiang Sangat Minim, Ini Penjelasan KPU Terkait Hal Itu!

"Saat melakukan perakitan, kita temukan 4 buah kotak suara dalam keadaan rusak, dengan kondisi sobek di beberapa 

bagian. Akan tetapi saat ini, kotak suara yang rusak sudah kita ganti. Karena memang ada kotak suara cadangan yang disediakan sebanyak 5 kotak. Sehingga dengan adanya pergantian kotak yang rusak tersebut, kotak suara cadangan kita tersisa 1 kotak lagi," ujar Indra. 

 

Dijelaskannya, saat ini seluruh kotak suara sudah dirakit dan siap untuk didistribusikan ke seluruh TPS dalam Kabupaten Kepahiang. Dimana untuk 1 TPS, nantinya akan ditempatkan 5 kotak suara. Akan tetapi untuk proses pendistribusiannya sendiri, akan dilakukan sehari menjelang proses pencoblosan, dan untuk TPS sulit 2 hari menjelang pencoblosan.

BACA JUGA:KPU Kepahiang Deklarasikan Tolak Tandatangani NPHD, Ini Penjelasannya

"Pada proses pendistribusian nanti, kotak suara akan dibungkus dengan plastik 

yang memang sudah disiapkan agar terhindar dari kerusakan," tutupnya.

 

Untuk diketahui, saat ini KPU Kepahiang hanya menunggu 2 jenis logistik saja yang belum tiba di KPU Kepahiang, yakni Surat Suara (Susu) dan alat coblos. Sementara untuk logistik jenis lainnya seperti bilik suara, kotak suara, serta tinta, saat ini sudah tiba di KPU Kepahiang dan sudah disimpan di 2 gudang.

Sumber: