Jaga Keseimbangan Pangan, Disdagkop Rutin Pantau Bapokting di Pasar Kepahiang

Jaga Keseimbangan Pangan, Disdagkop Rutin Pantau Bapokting di Pasar Kepahiang

Pihak Disdagkop saat melakukan pemantauan Bapokting di Pasar Kepahiang.--

KEPAHIANG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam upayanya menjaga keseimbangan pangan di Kabupaten Kepahiang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) Kepahiang, terus melakukan pemantauan Bahan Pokok Penting (Bapokting) secara rutin di Pasar Kepahiang. 

 

Mulai dari ketersediaan barang dan harga di pasar, maupun di toko-toko distributor Bapokting yang ada di Kepahiang. Bahkan langkah-langkah stabilitas ataupun keseimbangan harga dilakukan agar barang tetap tersedia dengan harga yang terjangkau.

 

Kepala Disdagkop Kepahiang Jan Johanes Dalos SSos mengatakan, untuk pasar yang jadi pantauan adalah pasar Kepahiang dan sejumlah pasar pekan yang ada di tiap-tiap kecamatan.

BACA JUGA:

"Untuk pemantauan sendiri, ketersediaan Bapokting harus dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Dalos.

 

Dirinya juga mengatakan, dari oemantauan yang dilakukan pihaknya. Pasokan dan distribusi Bapokting hingga saat ini terpantau lancar. Mulai dari ketersediaan minyak goreng curah dan kemasan sederhana, bahkan premium semua tersedia. Hal ini berbeda dengan tahun lalu yang terjadi kelangkaan. Bahkan untuk harga-harga Bapokting sendiri saat ini terpantau cukup stabil. Kalaupun ada kenaikan, kenaikannya masih dalam batas wajar.

BACA JUGA:

"Kenaikan Bapokting biasanya terjadi pada komoditas bawang. Sedangkan untuk harga cabai mengalami fluktuasi. Sementara beras dan minyak goreng cenderung stabil. Dan untuk pantauan harga dan ketersediaan Bapokting di pasar ini dilakukan secara harian, pelaporannya disampaikan melalui sistem informasi harga dan produksi komoditi dan sistem pantauan pasar dan kebutuhan pokok," jelas Dalos.

 

Untuk diketahui, sata ini Pemkab Kepahiang juga melakukan pengawasan peredaran barang di retail modern. Upaya ini dilakukan guna memastikan ketersediaan bahan pokok tetap tersedia.

Sumber: