Amalkan 6 Hal Ini, Maka Akan Dijamin Surga Oleh Rasulullah Kata Ustadz Khalid Basalamah

Amalkan 6 Hal Ini, Maka Akan Dijamin Surga Oleh Rasulullah Kata Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz Khalid Basalamah.-ILUSTRASI/NET-

NASIONAL, CURUPEKSPRESS.COM - Pendakwah karismatik, Ustadz Khalid Basalamah membeberkan 6 hal yang dapat memberi jaminan surga dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam.

Tujuan akhir hidup manusia adalah surga. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan.

Adapun 6 hal yang dapat memberi jaminan surga dari Rasulullah sebagai berikut. 

Dalam tausiyahnya di channel YouTube @Ilmu Mekkah dan Madinah beberapa tahun lalu, Ustadz Khalid Basalamah menceritakan bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam menggambarkan jaminan surga bagi orang yang bisa menjaga 6 hal dan ini juga termasuk akhlak yang mulia, ungkap Ustadz Khalid Basalamah.

Sebagaimana dalam sabdanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam berkata, "Jamin lah untukku 6 hal dari diri kalian, maka aku akan jamin bagi kalian surga."

 

1. Berkata jujur

 

Yang pertama ialah jujur dalam berkata. Walaupun pahit tetap sampaikan itu, kata Ustadz Khalid Basalamah.

Kejujuran merupakan ketenangan. Seperti yang disampaikan Nabi, "Jujur adalah ketenangan jiwa."

Ini tidak akan bisa diraih kecuali oleh orang-orang yang dasar imannya kuat kepada Allah Subhanahu wa taala. Dan orang-orang yang jujur ini akan bersama dengan para Nabi di surga firdaus tertinggi," tutur Ustadz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:

2. Penuhi janji

 

Apabila dari teman-teman sekalian sudah berjanji, semisal mengucapkan kalimat 'Ya saya datang, ya saya bantu, ya saya beri', maka berarti sudah janji. Kalau kita tidak bisa jalankan, sampaikan.

'Maaf amanah ini tidak bisa jalankan, janji ini tidak bisa penuhi'," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Dan janganlah kalian mengumbar janji jika tidak bisa memenuhi janji itu, karena semua itu akan dipertanggungjawabkan di hari kiamat kelak.

 

3. Menjalankan amanah

 

Berikutnya adalah menjalankan sebuah amanah itu jika kalian diberikan amanah. Misal kita dapat amanah dari orang tua, guru saudara atau teman sekalipun, ketika kita mampu maka jalankan lah, kata Ustadz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:

4. Menjaga kemaluan

 

Kemudian yang keempat, jagalah kemaluan-kemaluan kalian. Jangan letakkan kecuali pada yang halal. Menikah dengan cara baik, lalu letakkan pada yang halal, yang haram tidak dibolehkan dalam syariat kita," jelas Ustadz Khalid Basalamah

 

5. Menundukkan pandangan pada yang haram

 

Adapun amalan selanjutnya agar dapat dijamin surga oleh Rasulullah ialah menundukkan pandangan dari suatu hal yang haram.

Jika selama itu tidak boleh dilihat, maka jangan dilihat. Allah Subhanahu wa taala haramkan maka harus dijaga, jangan justru dilakukan, ucap Ustadz Khalid Basalamah.

BACA JUGA:

6. Jangan suka mengganggu atau menyakiti orang lain

 

Lalu amalan yang terakhir adalah jangan menyakiti orang lain. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam yang artinya, "Orang muslim yang sejati adalah orang muslim yang menyelamatkan orang muslim yang lain dari bahaya lisan dan tangannya."

Oleh sebab itu, jangan teman-teman ganggu apalagi sampai menyakiti orang lain, demikian Ustadz Khalid Basalamah. 

Sumber: