Ada Durian Jenis Langka di Rejang Lebong, Ini Kata Bupati

 Ada Durian Jenis Langka di Rejang Lebong, Ini Kata Bupati

Para pejabat saat mencicipi durian lembak dalam festival durian di Kecamatan PUT.-HABIBI/CE-

REJANGLEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Buah durian jenis langka saat ini terdapat di wilayah Lembak Kabupaten Rejang Lebong. Rencananya jenis durian ini bisa menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Rejang Lebong.

Rencana ini disampaikan Bupati Rejang Lebong, Drs H Syamsul Effendi MM saat menghadiri Festival Durian Lokal yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa Tanjung Sanai I Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

"Sebelumnya, Kabupaten Rejang Lebong memiliki kopi sebagai komoditas unggulan. Kemudian, melihat potensi durian jenis langka ini, bukan tidak mungkin ini juga dapat dijadikan sebagai komoditas unggulan di Kabupaten Rejang Lebong," ujarnya.

BACA JUGA:Inilah Efek Samping Jika Terlalu Banyak Makan Durian

BACA JUGA:Manfaat Mengkonsumsi Buah Durian yang Jarang Diketahui

 

Menurut Bupati, budidaya buah durian ini juga  sangat menjanjikan dari segi ekonomi. Karena dalam 1 batang durian, bisa menghasilkan 50 buah setiap panennya bahkan lebih dari itu.

"Oleh karena itu, selain mendorong masyarakat untuk menanam pohon durian, kami selaku Pemerintah juga akan mendorong varietas-varietas durian lokal tersebut terdaftar dan memiliki sertipikat. Karena rasa durian yang ada disini tidak kalah bersaing dengan durian unggul lainnya," sampainya.

BACA JUGA:Ini Manfaat Makan Buah Durian untuk Kesehatan

BACA JUGA:RL Banjir Durian, Jalan Macet!

 

Di sisi lain, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Kementerian Pertanian, Dr Dedi Irwandi SPi MSi dalam kesempatan itu, mengungkapkan bahwa festival durian yang dilaksanakan ini, menjadi salah satu upaya dalam menjaga dan melestarikan keberagaman sumber daya genetik yang ada di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Rejang Lebong.

"Maka dari itu, tugas kita sekarang bagaimana kita melindungi. Dengan kegiatan festival durian ini, menjadi salah satu upayanya yang juga diharapkan dilaksanakan secara kontinyu," tandasnya. 

Sumber: