Begini Cara Bedakan Bisikan Setan, Malaikat dan Hati, Kata Ustaz Abdul Somad

Begini Cara Bedakan Bisikan Setan, Malaikat dan Hati, Kata Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad-ILUSTRASI/NET-

Yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia' (QS. Annas: 5). 'Dari (golongan) jin dan manusia' (QS. Annas: 6)

BACA JUGA:Rahasia Memaknai Bulan Muharram yang Agung, Menurut Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Bulan Muharram, Ini Amalan yang Disukai Rasulullah Untuk Dikerjakan, Kata Ustaz Adi Hidayat

 

Dijelaskan Ustaz Abdul Somad kalau bisikan setan itu disebut waswasah. Bisikan itu ada tiga. Pertama bisikan setan disebut waswasah. Kedua bisikan malaikat namanya ilham. Ketiga bisikan hati, namanya khatara atau khawatib, artinya lintasan dalam hati," tutur Ustadz Abdul Somad. 

Lanjut Ustaz Abdul Somad, agar bisa mudah dan mengenali perbedaannya antara bisikan hati, setan, dan malaikat, sang Da'i pun memberikan perumpamaan. Untuk membedakan dari ketiga bisikan tersebut, dengan contoh Jerami atau ilalang kering.

Cara membedakan kerja setan dengan ada ilalang kering. Menurut Ustaz Abdul Somad, kalau setan tidak akan bisa memunculkan api pada jerami.

BACA JUGA: Ustaz Adi Hidayat Beberkan Orang-orang yang Dirindukan Oleh Allah

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri Rumah yang Disenangi Jin dan Setan, Kata Ustaz Khalid Basalamah, Apakah Rumah Kamu Termasuk?

 

Setan tidak bisa membuat api dalam jerami tersebut, tambah Ustaz Abdul Somad.

Akan tetapi ketika adanya sebuah api yang kecil di dalam ilalang atau jerami, maka kerja setan dimulai. Dia memberikan angin dan mengkipas - kipas supaya api bisa menjadi lebih besar, ungkap Ustaz Abdul Somad.

Apabila api kecil tersebut khawatib atau khatara, hanya terlintas dalam hati. Api tersebut bisa besar dengan waswasah atau bisikan yang datang dari setan.

Jadi lintasan hati kecil itu adalah bisikan hati. Jika dibiarkan jadi besar itu kerjanya setan. Apabila mampu mengendalikan dengan kalimat-kalimat Allah, itu bisikan malaikat, tutup Ustaz Adbul Somad.

Sumber: