Ciri-Ciri Mobile Banking Anda Diretas dan cara mengatasinya

Ciri-Ciri Mobile Banking Anda Diretas dan cara mengatasinya

ILUSTRASI/NET -ILUSTRASI/NET-

 

4. Perubahan Informasi Pribadi

  •    Waspadai jika ada perubahan yang tidak Anda buat pada informasi pribadi, seperti alamat email atau nomor telepon di akun Anda. Ini bisa menunjukkan bahwa peretas telah mengubah informasi untuk mengakses akun Anda lebih lanjut.

5. Aplikasi Keamanan Memberi Peringatan


ILUSTRASI/NET -ILUSTRASI/NET-

  •    Jika aplikasi keamanan di perangkat Anda memberi peringatan tentang adanya ancaman atau malware, ini bisa menjadi tanda bahwa perangkat Anda telah terinfeksi oleh perangkat lunak berbahaya yang dapat mengakses data pribadi Anda.

BACA JUGA:Mobile Banking Transformasi Layanan Keuangan

BACA JUGA:Cara Aman Bertransaksi Menggunakan BNI Mobile Banking

 

6. Penggunaan Data yang Tidak Biasa

  •     Lonjakan penggunaan data seluler atau internet yang tidak biasa pada perangkat Anda bisa menandakan bahwa aplikasi atau perangkat lunak berbahaya sedang beroperasi di latar belakang.

 

Langkah-Langkah Mengatasi Akun yang Diretas

1. Hubungi Bank Anda Segera

  •    Laporkan kejadian tersebut kepada bank Anda untuk memblokir akses lebih lanjut dan melaporkan aktivitas mencurigakan. Bank biasanya akan segera mengambil tindakan untuk melindungi akun Anda.

BACA JUGA:BCA Mobile Banking: Solusi Perbankan Digital yang Praktis dan Aman

BACA JUGA:Rekomendasi Aplikasi Mobile Banking, Nomor 2 Paling Banyak Digunakan!

 

2. Ganti Kata Sandi dan PIN

  •     Ubah kata sandi dan PIN untuk mobile banking serta akun email terkait. Pilih kata sandi yang kuat dan unik untuk menghindari akses yang tidak sah di masa mendatang.

Sumber: