76 PNS Memasuki Masa Pensiun, Mayoritas Pengawas Guru

76 PNS Memasuki Masa Pensiun, Mayoritas Pengawas Guru

CURUP EKSPRESS.COM, LEBONG - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lebong mencatat tahun 2022 ini ada sebanyak 76 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari 3.500 ribuan PNS Pemkab Lebong sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) tahun 2022.

Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, Chandra SE menyebut dari 76 ASN yang memasuki MPP tersebut berasal dari tenaga pendidik guru sebanyak 43 orang dan ASN berasal dari OPD dinas lainnya itu ada 33 orang.
"Setiap tahun pasti ada pegawai yang pensiun sehingga akan terjadi kekurangan pegawai. Tahun ini saja yang paling banyak itu tenaga guru dengan jabatan pengawas,” katanya.

Chandra juga mengatakan batas usia pensiun PNS tidak ada permasalahan dengan kinerja mereka selama mengabdi sebagai PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Lebong, begitu juga bagi permintaan dini pensiun itu pasti ada alasan tertentu yang penting memenuhi syarat minimal 50 tahun usia dan masa bakti kerja 20 tahun. Masih dikatakan Chandra, Jika tidak ada kendala april sudah turun Surat Keputusan (SK) pensiunnya oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun untuk jenis limit waktunya itu bervariasi ada yang mengajukan Mei, Agustus dan Desember.
"Permintaan pensiun ini bisa kita kabulkan jika dia sudah memenuhi syarat seperti usianya 50 tahun keatas dan masa kerja 20 tahun, karena sudah ada aturan yang mengatur," jelasnya.

Selain itu sambung Chandra dengan adanya 76 ASN di Kabupaten lebong yang akan pensiun maka akan terjadi kekurangan ASN namun pihaknya telah mengusulkan kekurangan tersebut kepada pemerintah pusat untuk mengajukan PPPK.
"Tahun ini kita sudah mengusulkan kuota PPPK sebanyak 500 namun hanya 334 fformasi yang sudah di input diantaranya 232 formasi guru dan 102 formasi PPPK non guru, artinya masih tersisa 166 usulan lagi yang akan disampaikan pihaknya ke dalam aplikasi Kemenpan RB," pungkasnya. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: