18 Parpol Terdaftar di RL, Berpotensi Ramaikan Pemilu 2024

18 Parpol Terdaftar di RL, Berpotensi Ramaikan Pemilu 2024

ILUSTASI/NET--

REJANG LEBONGCURUPEKSPRESS.COM- Meskipun pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih 2 tahun lagi, namun setidaknya sudah ada 18 partai politik (parpol) di Kabupaten REJANG LEBONG (RL) berpotensi ikut meramaikan pemilu 2024 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten RL, Maxpinal SH.

"Saat ini,  ada 18 parpol yang terdaftar di kami (Kesbangpol red)," ujarnya.

Menurut Kaban, dari 18 parpol tersebut 2 diantaranya merupakan parpol baru. 2 parpol baru tersebut diantaranya  Partai Ummat yang didirikan dan terbentuk pada 29 April 2021.

Kemudian Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia yang didirikan pada 28 Oktober 2019.

"Sejauh ini baru 2 untuk parpol baru dan sudah melapor ke Kesbangpol REJANG LEBONG," sampainya.

Lanjut Maxpinal, setiap parpol baru yang akan menjadi peserta Pemilu 2024, wajib terdaftar di Kesbangpol sebelum mengikuti tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan oleh KPU meskipun legalitas mereka sudah terdaftar di Kemenkumham RI.

"Kalau soal keikutsertaan dalam Pemilu mendatang, itu ada mekanisme lain sebagaimana aturan berlaku dan dilakukan oleh pihak lain bukan kita di Kesbangpol," lanjutnya.

Sementara itu, siapapun parpol yang ikut meramaikan Pemilu 2024 mendatang, Maxpinal berharap seluruh parpol dapat menjaga stabilitas politik dan bertarung lah dengan santun serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Negara kita ini negara demokrasi, makanya pesta demokrasi yang akan datang agar tuak di ciderai dengan hal-hal yang dapat merusak bangsa Indonesia," tandasnya.

Sumber: