5 Rumah Warga Terendam

5 Rumah Warga Terendam

IST/CE Terlihat banjir yang menggenangi permukiman rumah warga terjadi di kelurahan Muara Aman --

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Sebanyak 5 rumah warga di Gang Tanjung Harapan Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Amen terendam banjir.

Ini setelah hujat lebat semalaman yang terjadi sejak Rabu (29/6) hingga Kamis (30/6). 

Dikatakan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Lebong, Hendra Surya bahwa banjir yang sempat merendam rumah warga tersebut, akibat luapan dari Sungai Air Kotok meluap.

BACA JUGA: Wabup Lepas Atlet ke Palembang 

"Kita masih lakukan pendataan, data sementara kurang lebih ada ada 5 unit rumah terdampak banjir," katanya. 

Menurut Hendra banjir luapan itu terjadi pukul 13.26 WIB, air yang berasal dari Sungai Air Kotok masuk ke rumah warga dengan ketinggian mencapai selutut orang dewasa atau 50 cm.

BACA JUGA: Please! Jangan Share Lagi "Video Hot" 

Meski demikian dirinya menilai banjir tersebut tidak terlalu berdampak terhadap masyarakat sekitar. 

"Banjir yang terjadi di kawasan itu sudah menjadi langganan disaat hujan lebat. Namun tidak terlalu berdampak kepada masyarakat dan arus lalu lintas," ucapnya. 

Lebih jauh Hendra menyampaikan, saat ini BPBD Lebong masih melakukan asessment untuk mendata titik-titik wilayah lainnnya yang berpotensi mengalami bencana banjir.

BACA JUGA: 100 Warga Terjaring Ops Nala 2022 

Adapun wilayah tersebut seperti di Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Topos, Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Lebong Sakti, Kecamatan Pelabai, Kecamatan Amen, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Pinang Belapis, dan sekitarnya.

BACA JUGA: JCH Bersiap Wukuf di Arafah 

"8 Kecamatan ini perlu di waspadai adanya bencana banjir. Kemudian untuk wilayah yang berada di Kecamatan Rimbo Pengadang, Lebong Atas, Lebong selatan perlu di waspadai adanya bencana tanah longsor," sebutnya. 

Dengan demikian pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati.

Karena sesuai dengan prakiraan dari BMKG hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi selama beberapa hari kedepan. 

"Apabila terdapat bencana seperti banjir, pohon tumbang, longsor dan bencana lainnya, kepada masyarakat diimbau untuk melaporkan kejadian ini ke polsek ataupun kecamatan setempat. Sehingga TRC dan BPBD Lebong akan melakukan evakuasi di lokasi tersebut," singkatnya.

Sumber: