Pedas! Cabai Merah Naik Rp 90 Ribu Perkilo

Pedas! Cabai Merah Naik Rp 90 Ribu Perkilo

ADIT/CE Terlihat pedagang saat berjualan cabai merah yang berada di Pasar Rakyat Muara Aman--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Menjelang hari raya Idul Adha 1443 H, sejumlah harga Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) di sejumlah pasar  Kabupaten Lebong mulai merangkak naik.

Salah satunya cabai merah. Bagaimana tidak setelah sepekan sebelumnya harga cabai merah di angka Rp 70 ribu perkilo, saat ini harga cabai merah kembali naik menjadi Rp 90 ribu perkilo. 

BACA JUGA : Sektor Pariwisata Diyakini Bisa Genjot PAD 

Pantauan CE, tidak hanya cabai merah, kenaikan harga bapokting juga terjadi pada cabai rawit dari harga Rp 70 ribu naik menjadi Rp 80 ribu perkilogram, kemudian bawang merah dari Rp 58 ribu naik menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

"Kenaikan sejumlah harga Bapokting ini sudah sering terjadi setiap menjelang hari hari besar, termasuk perayaan idul adha. Untuk saat ini harga Bapokting yang mulai merangkak naik mulai dari cabai merah, cabai rawit dan bawang merah," kata Kabid Perdagangan DisperindagKop Lebong, Arnardi Sucipto.

BACA JUGA : Deadline TGR Satu Pekan Lagi 

Ada beberapa faktor yang membuat sejumlah harga bapokting naik. Dimana sebut Arnardi, pertama disebabkan faktor cuaca ekstrem, sehingga berpengaruh menurunya jumlah petani cabai melakukan panen.

Kedua disebabkan banyaknya petani cabai yang berada di Kabupaten Rejang Lebong yang mengalami gagal panen.

"Dua faktor ini menjadi penyebab naiknya harga cabai dan bawang. Terlebih lagi pasokan cabai merah di wilayah Lebong sekitar 50 persen itu berasal dari Rejang Lebong," terangnya.

BACA JUGA : 5 Rumah Warga Terendam 

Untuk mengantisipasi terjadinya permainan harga ditingkat pedagang, pihaknya memastikan akan melakukan pengawasan ketat terhadap para pedagang pasar, agar tidak terjadi aksi penimbunan barang untuk menaikan harga saat mendekati Idul Adha.

Dengan begitu, kebutuhan masyarakat tetap bisa terpenuhi.

"Pekan ini, rencanya kita akan turun langsung melakukan pemantauan harga serta pengawasan para pedagang. Karena tidak menutup kemungkinan biasanya saat  mendekati hari-hari besar banyak oknum pedagang nakal menaikan harga, untuk mendapatkan keungtungan," lanjutnya.

BACA JUGA : Petani Ujan Mas Dimakamkan dalam 1 Lubang 

Sementara itu, berdasarkan dari hasil pemantauan pihaknya adapun sejumlah harga bapokting lain yang masih terpantau stabil itu diantaranya seperti harga daging Rp 120 ribu sampai Rp 130 ribu per kilogram.

Kemudian daging ayam Rp 40 ribu, selanjutnya telur ayam Ras Rp 50 ribu per karpet.

"Walaupun sejumlah harga cabai kembali naik, tetapi tidak untuk daging sapi, maupun ayam yang saat ini masih dalam kondisi stabil. Meskipun demikian kita memastikan akan terus melakukan monitoring secara berkala terkait harga-harga Bapokting yang berada dipasaran," tukasnya.

Sumber: