18 Desa Ajukan DD Tahap II

18 Desa Ajukan DD Tahap II

ILUSTRASI/NET--

KEPAHIANG,CURUPEKSPRESS.COM  - Sebanyak 18 desa dari 105 desa di Kabupaten Kepahiang, hingga kemarin diketahui sudah mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap II tahun 2022.

BACA JUGA : Personel Bhayangkara Terima Reward 

Di sisi lain, 87 desa lainnya saat ini masih ditunggu untuk segera menyampaikan usulan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepahiang.

BACA JUGA : Duit Korban Arisan Bodong Terancam Tak Kembali 

"Sampai dengan hari ini (kemarin, red), baru ada 18 desa yang sudah menyampaikan usulan, berkasnya sudah kami terima dan masih dalam tahap pemeriksaan," ucap Kadis PMD Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan.

BACA JUGA : Anggaran 15 ODGJ Rp 7,5 Juta

Disampaikannya, jika dari 18 usulan tersebut, sebanyak 4 usulan sudah pihaknya teruskan ke badan keuangan daerah (BKD) untuk penerbitan SPM dan SP2D.

BACA JUGA : KKN Mahasiswa di 3 Desa Batal! 

"Informasi yang kami terima sekarang ini malah sudah ada desa yang melakuan pencairan," ujarnya.

4 Desa yang sudah melakukan pencairan tersebut. Sambung Iwan, masing-masing 2 desa di Kecamatan Merigi dan 2 desa di Kecamatan ujan Mas.

BACA JUGA : DLH RL Usulkan Pengadaan Steam 

"Informasinya Pulogeto Baru, Batu Ampar, Pungguk Meranti dan Meranti Jaya sudah melakukan pencairan, dan saat ini sudah melakukan kegiatan berdasarkan APBDes mereka masing-masing," ujarnya.

BACA JUGA : Jabatan Direktur PDAM Tidak Diperpanjang 

Kepada  87 desa lain yang sampai dengan kemarin belum menyampaikan usulan, Iwan berharap untuk dapat segera menyampaikan kepada pihaknya, agar rencana kegiatan didesa masing-masing dapat segera bisa dilaksankan.

BACA JUGA : YPLP Bantah Pemberhentian Kepala SMP 2 PGRI Sepihak 

"Secara aturan tidak ada batasan waktu, tapi akan lebih baik jika serapannya bisa dipercepat agar apa yang sudah diprogramkan di desa khususnya pembangunan yang dibiayai melalui DD dapat bisa segera dijalankan," demikian Kadis. 

 

Sumber: