Longsor RRC Ancam Rumah Warga!

Longsor RRC Ancam Rumah Warga!

ARI/CE Lokasi longsor di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan. --

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM   - Bencana alam berupa tanah longsor terjadi di Desa Rimbo Recap (RRC) Kecamatan Curup Selatan, pada Kamis (14/7) lalu.

BACA JUGA :  Diduga Cabuli Rekan Kerja, Oknum THL di Laporkan ke Polisi 

Pantauan wartawan di lokasi longsor, tampak longsor mengancam rumah salah seorang warga di desa tersebut. Ini lantaran titik longsor berada tepat dibelakang dapur rumah warga.

BACA JUGA : Lagi! Coba Perkosa Teman Sendiri, Pria Beristri Diringkus 

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Shalahuddin mengatakan, setelah mengetahui hal tersebut pihaknya langsung melakukan peninjauan dan kaji cepat ke lokasi longsor.

BACA JUGA :  Ngaku Khilaf! Pelaku Percobaan Pemerkosaan Terancam 12 Tahun Penjara 

"Setelah dapat info dari relawan di desa, kita langsung cek ke lokasi," katanya.

Dilanjutkannya, dari hasil tinjauan yang dilakukan BPBD, kondisi longsor di Desa RRC bisa dikatakan tidak masuk dalam kategori berat.

BACA JUGA :  Usut Dugaan Cabuli Teman Sendiri, Penyidik Periksa Petinggi PBK 

Namun masih menjadi kekhawatiran, karena tepat di atas tanah longsor tersebut terdapat 1 hingga 2 rumah warga yang manjadi ancamannya.

"Yang masih dikhawatirkan adalah jika dalam beberapa hari ke depan curah hujan masih tinggi, itu bisa membahayakan rumah warga yang ada di dekat titik longsor," bebernya.

Sambung Kalak, di hari yang sama peristiwa longsor juga terjadi Kelurahan Air Sengaja Kecamatan Curup Tengah, tepatnya di samping sekretariat PORBI RL. Namun setelah peninjauan longsor tidak begitu parah.

Tambahnya, hasil kaji cepat tersebut sesegera mungkin untuk dilaporkan kepada pimpinan daerah dalam hal ini bupati. Apakah bisa ditindaklanjuti dengan memberikan bantuan berupa bronjong atau tidak.

"Kita upayakan untuk bisa disampaikan ke bupati," singkatnya.

Disisi lain Kades RRC, Ruhiyat juga menyampaikan, jika longsor yang terjadi di desa yang dipimpinnya itu besar kemungkinan pada dini hari.

Sebab kawasan itu sudah diguyur hujan lebat sejak Kamis malam hingga Jumat pagi kemarin.

"Dan kami pun baru sadar dan tahunya ketika sudah pagi," tuturnya.

Melalui kejadian longsor tersebut, kades berharap ada kepedulian dan perhatian dari Pemkab RL. Semisalnya memasang bronjong atau lapis tebing agar dapat mengamankan posisi rumah warga yang ada disekitar longsor.

Sumber: