Pasca Dikunjungi Sandiaga Uno, Harapkan Adanya Pembangunan Infrastruktur

Pasca Dikunjungi Sandiaga Uno, Harapkan Adanya Pembangunan Infrastruktur

DOK/CE Potret saat kunjungan Menparekraf RI Sandiaga Uno ke Desa Belirang Rejang Lebong. --

CURUPEKSPRESS.COM, REJANG LEBONG- Paska Desa Belitar Seberang (Belirang) Kecamatan Sindang Kelingi dikunjungi secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno pada Selasa (2/8) lalu.
Pemerintah Desa (Pemdes) Belirang sangat berharap adanya bantuan pembangunan infrastruktur pendukung di desa wisata yang lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 tersebut.
"Kami berharap betul kedepannya ada bantuan pembangunan infrastruktur baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat," kata Kepala Desa (Kades) Belirang, Kasyadi kepada CE.
 
Kasyadi menyebutkan, salah satu infrastruktur yang dirasa masih jauh dari kata ideal adalah jalan masuk menuju Desa Belirang. Dan terutama akses menuju objek wisata Air Terjun Tri Sakti.
"Yang paling inti adalah soal jalan, karena ini baru dan masih dalam proses perintisan, jadi jalan sebagai akses utamanya masih belum memadai," jelasnya.
 
Selain itu kata Kasyadi, pihaknya juga membutuhkan adanya bantuan untuk penambahan dan peningkatan home stay (penginapan) yang ada di Desa Belirang yang dinilai masih kurang.
"Kemudian juga kami butuh pengadaan jalan usaha tani (JUT), karena jalan alternatif untuk bisa menuju ke lokasi objek wisata itu melewati jalan perkebunan warga. Sehingga JUT juga kami harapkan ada bantuan dari pemerintah," ujar Kasyadi.
Disisi lain Ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Belirang, Hendri Hendika yakin bahwa desanya akan lolos dan keluar sebagai juara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.
 
"Kami yakin dan percaya, kalau Desa Belirang bisa keluar sebagai pemenang di ADWI tahun ini," sampainya.
Menurutnya, setelah melihat reaksi mantan Calon Presiden RI yang berpasangan dengan Prabowo pada Pilpres 2019 lalu tersebut, pihaknya yakin jika Desa Belirang mendapat nilai bagus dan tinggi baik dari Sandiaga Uno maupun dewan juri ADWI.
 
"Menyaksikan langsung bagaimana reaksi beliau (Sandiaga Uno, red) waktu berkeliling di Desa Belirang cukup meyakinkan diri kami, kalau kami menjadi salah satu kandidat terbaik," tutur Hendri.
 
Hendri menambahkan, apapun hasil dari penilaian ADWI 2022 nanti, pihaknya tetap dan akan selalu optimis jika objek wisata yang ada di Desa Belirang memiliki pandangan yang spesial dimata Sandiaga Uno.
 
Diberitakan sebelumnya, objek wisata Air Terjun Tri Sakti di Desa Belirang Kecamatan Sindang Kelingi menuai pujian dari Sandiaga Uno selaku Menparekraf RI.
 
Ini setelah Sandiaga Uno mengunjungi secara langsung Desa Belirang dalam ajang penilaian ADWI 2022.
Pantauan CE, Sandiaga Uno tidak dapat berkata apa-apa, selain hanya dapat menyampaikan bahwa air terjun tersebut luar biasa.
 
Pasalnya tidak akan ditemui di daerah lain ada dua air terjun yang menyajikan dua suhu, yakni air panas dan dingin.
 
Sehingga memang memberikan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya. (CE) 
 
 

Sumber: