2 Mobnas Dilelang ke Eks Bupati dan Wabup

2 Mobnas Dilelang ke Eks Bupati dan Wabup

DOK/CE Rizka Putra Utama--

CURUPEKSPRESS.COM,REJANG LEBONG - Setelah Bidang Aset BKD Lebong memastikan telah mengusulkan 43 unit mobil dinas (mobnas) kepada tim verifikasi untuk dihapus dari daftar aset daerah. Penghapusan yang dimaksud akan dilakukan dengan sistem lelang terbuka.

Meski demikian dari total jumlah usulan tersebut diketahui terdapat dua unit mobnas yang akan dilakukan lelang khusus atau dijual langsung kepada eks Bupati Lebong Dr Rosjonsyah SIP M Si dan eks Wabup Wawan Fernandez SH M Kn.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kabid Aset BKD Lebong, Rizka Putra Utama, SE, M.Si.

"Benar, dari 43 unit mobnas yang masuk dalam daftar penghapusan aset tersebut, 2 unit kami wacanakan dijual langsung. Sisanya akan tetap dilakukan lelang, " kata Rizka.

Menurut Rizka, proses penjualan secara langsung itu sebelumnya telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 84 tahun 2014.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada mantan pejabat negara atas pengabdiannya.

"Yang dikatakan pejabat negara ditingkat daerah paling rendah adalah bupati dan wakil bupati. Dua mobil tersebut nantinya akan ditawarkan langsung kepada keduanya," ungkap Rizka.

Ditambahkannya, jumlah unit mobnas yang bakal dihapus dari daftar aset milik Pemkab Lebong akan diputuskan bersama oleh tim verifikasi. Dari usulan yang disampaikan, tim verifikasi masih akan melakukan kajian-kajian. Mulai dari segi teknis, umur, administrasi hingga dari segi ekonomis kendaraan.

"Berapa unit yang akan dilelang masih menunggu tim verifikasi bekerja dulu, " kata Putra. 

Lebih jauh, dikatakan Rizka awalnya Pemkab Lebong telah merencanakan akan melelang 47 unit mobnas. Namun diketahui 4 unit diantaranya batal karena OPD pemilik mobnas melayangkan surat meminta agar penghapusan 4 mobnas tersebut ditunda karena dinilai masih dibutuhkan. Sehingga menyisahkan 43 unit lagi.

"Dari 43 unit tersebut yang kami usulkan untuk dihapus dengan cara lelang yaitu 41 unit. Sementara 2 unit lainnya dilakukan lelang khusus untuk eks bupati dan wakil bupati sebagai bentuk penghargaan daerah, " singkatnya. (CE)

Sumber: