Tertib Adminduk, 4 Kecamatan Dapat Reward

Tertib Adminduk, 4 Kecamatan Dapat Reward

Adit/CE Terlihat 4 Kecamatan pemenang lomba pilot Project, saat berfoto bersama --

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong menetapkan 4 Kecamatan dalam Kabupaten Lebong sebagai pemenang lomba pilot project tertib administrasi kependudukan (adminduk) tahun 2022. 

Empat  kecamatan tersebut,  diantaranya, Kecamatan Amen, Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Rimbo Pengadang dan Kecamatan Bingin Kuning.

Atas prestasi tersebut masing-masing kecamatan berhak untuk mendapatkan penghargaan dari Pemkab Lebong.

"Tahun ini kami telah melakukan penilaian dan menetapkan 4 kecamatan pemenang pilot project tertib adminduk," kata Kadis Dikcapil Lebong Drs Budi Setiawan.  

Dijelaskan Budi, 4 pemenang dalam lomba pilot Project ini diketahui sebelumnya telah dilakukan perekapan serta penilaian oleh Disdukcapil sejak bulan Maret 2022, dan dilanjutkan hingga pertengahan Agustus.

Terlebih dari hasil penilaian itu juga dipastikan telah disampaikan kepada Bupati Lebong, Kopli Ansori yang akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) menjadi kecamatan terbaik. 

"Perekapan serta penilaiannya itu diantaranya seperti adminduk, publikasi kependudukan, tata kelola arsip/pendokumentasian, sarana dan prasarana, pencapaian target kepemilikan dokumen warga serta inovasi kependudukan setiap kecamatan, misalnya seperti proses perekaman adminduk yang sudah mencapai 100 persen mulai dari KTP-el, KIA.

Artinya, seluruh Kepala Keluarga (KK) yang ada di kecamatan tersebut sudah memiliki adminduk sesuai ketentuan pemerintah," ucapnya.

Terlebih dari 4 pemenang yang ditetapkannya itu diketahui untuk juara I yakni Kecamatan Amen, dipastikan akan mewakili Kabupaten Lebong pada lomba serupa ditingkat Provinsi Bengkulu.

Rencananya, pelaksanaan lomba ini akan digelar pada 18 November mendatang.

"Pastinya, kita akan terus melakukan pembinaan, dengan harapan Kecamatan Amen ini bisa menjadi pemenang dalam lomba ditingkat Provinsi Bengkulu.

Dan kami juga berharap kedepan tertib adminduk ini tidak hanya dilakukan oleh tingkat kecamatan saja, termasuk juga untuk Desa dan Kelurahan," singkatnya. 

Sumber: