Pasca Gempa Bumi 6,5 SR, Kondisi Bukit Kaba jadi Perhatian

Pasca Gempa Bumi 6,5 SR, Kondisi Bukit Kaba jadi Perhatian

IST/CE Aktifitas kunjungan di Gunung Bukit Kaba Kabupaten RL.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pasca gempa bumi berkekuatan 6,5 SR yang  mengguncang Kabupaten Rejang Lebong  pada Selasa 23 Agustus 2022 lalu.

Saat ini kondisi gunung Bukit Kaba menjadi perhatian warga sekitar. Ini lantaran status gunung tersebut yang diketahui masih berstatus aktif.

Disampaikan Anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, Yohan, meskipun gempa berkekuatan besar itu bukan disebabkan oleh aktifitas Gunung Bukit Kaba namun masyarakat tetap diimbau untuk selalu waspada.

"Kami ingatkan kepada masyarakat sekitar gunung untuk selalu waspada, karena seperti kita tahu kalau gunung itu statusnya aktif," katanya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Gempa 6,5 SR Buat Warga Cemas

Lanjutnya, terkhusus bagi para pendaki yang melakukan penginapan di atas gunung tersebut pada malam saat gempa terjadi ada sekitar 6 orang yang sedang camping.

"Mereka juga sudah kami ingatkan agar kalau camping di lokasi yang jauh dari kawah dan mudah dijangkau," ujar Yohan.

Dikatakan Yohan, sejauh ini dari hasil pantauan pihaknya aktifitas Gunung Bukit Kaba dipastikan aman dan tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan pada erupsi.

"Sejauh ini aktifitas gunung masih aman dan kondusif seperti biasanya. Jadi memang tidak ada pengaruhnya dari efek gempa semalam," bebernya.

BACA JUGA:SMKN 1 RL Tuan Rumah Pameran Museum Keliling Tahun 2022

Sekedar informasi, tambah Yohan, Gunung Bukit Kaba terakhir kali erupsi pada tahun 1952 lalu. Yang mana kala itu sempat membuat masyarakat sekitar gunung cemas dan ketakutan.

"Berjaga-jaga dan waspada untuk keselamatan itu penting, meski kejadian itu sudah lama sekali sekitar 70 tahun lalu, tetap kita harus peka terhadap aktifitas Gunung Bukit Kaba ini," tutupnya. 

Sumber: