Cara Ampuh Menghentikan Kram Otot, Ini yang Harus Kamu Lakukan..

Cara Ampuh Menghentikan Kram Otot, Ini yang Harus Kamu Lakukan..

--

HEALTH, CURUPEKSPRESS.COM - Kram otot adalah kondisi ketika otot tiba-tiba mengalami kontraksi yang tidak disengaja. Terkadang, kram yang dirasakan tidak hanya pada satu otot saja, tetapi bisa lebih.

Meski sering dianggap tidak berbahaya, namun kondisi ini dapat membuat otot tidak berfungsi sementara waktu, akibatnya Anda akan sulit menggerakkan otot yang terdampak.

Sering kali kram otot terjadi karena seseorang terlalu lama berolahraga atau melakukan gerakan yang tidak biasa, bisa juga karena cedera.

Dikutip dari website Siloam Hospital penyebab keram otot adalah karena penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki, sehingga menimbulkan kram.

Selain itu, kekurangan mineral, seperti kalsium, magnesium, dan potasium juga berpotensi membuat seseorang mengalami kram otot.

Adapun beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kram otot, di antaranya yaitu kehamilan, usia, dehidrasi, atau masalah medis tertentu.

BACA JUGA:

Gejala kram otot yang umum dirasakan adalah rasa nyeri yang cukup menusuk dan muncul secara mendadak pada otot.

Dan bila diperhatikan lebih jauh, akan ada gumpalan otot yang mengeras di bawah kulit.

Pada kondisi ini tentunya rasa sakit tak tertahankan akan kamu rasakan. N

amun kamu dilarang panik, jika kamu panik maka hanya akan memperparah keadaanmu.

erikut yang bisa kamu lakukan jika kamu mengalami keram otot.

Luruskan bagian tubuh yang nyeri.

Jika memungkinkan, posisikan bagian tubuh yang kram (terutama area kaki) lebih tinggi hingga nyeri perlahan-lahan berkurang.

Sumber: