Mengenali Tanda-tanda Kesehatan dari Kondisi Kuku Anda

Jumat 21-07-2023,14:30 WIB
Reporter : RYEN MEIKENDI
Editor : VIVI HY

3. Kuku Biru atau Ungu

Jika kuku Anda memiliki warna biru atau ungu yang tidak biasa, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah sirkulasi darah atau kurangnya oksigen dalam tubuh.

Warna kuku seperti ini bisa disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen akibat masalah pernapasan atau sirkulasi yang buruk.

Selain itu, cedera fisik atau memar di bawah kuku juga dapat menyebabkan kuku berwarna biru atau ungu.

Jika warna ini tidak hilang dengan sendirinya atau disertai dengan gejala lain, segera konsultasikan dengan dokter.

 

4. Kuku Pucat

Jika kuku Anda terlihat sangat pucat atau bahkan putih seperti kapas, ini bisa menjadi tanda anemia atau kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Anemia adalah kondisi dimana tubuh memiliki jumlah sel darah merah yang rendah atau sel darah merah tidak berfungsi dengan baik.

Jika Anda mencurigai anemia atau memiliki gejala lain seperti lemas, kelelahan, dan pusing, konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

 

5. Kuku Coklat atau Hitam

Kuku dengan warna coklat atau hitam yang tidak biasa bisa menjadi tanda pendarahan di bawah kuku atau pertumbuhan sel kanker di area tersebut.

Jika Anda mengalami perubahan warna kuku seperti ini tanpa sebab yang jelas atau ada pertumbuhan tidak normal pada kuku, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

BACA JUGA:

 

Kategori :