Masyarakat Sayangkan Minim Sosialisasi

Masyarakat Sayangkan Minim Sosialisasi

Soal Pemindahan Lahan Pemakaman

CURUP, CE - Masyarakat menyayangkan rencana pemindahan lahan pemakaman di Talang Rimbo yang dianggap tidak melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan. Dikatakan Sri (37) salah satu warga Talang Rimbo mengatakan bahwa seharusnya ada pelibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan pemindahan lahan makam tersebut. Karena menurut Sri seharusya jangan ada pengambilan keputusan secara sepihak terkait pemindahan lahan makam tersebut.

"Masalah pemindahan lahan makam saja sebenarnya belum selesai, maka sekarang sudah bahas masalah biaya pemindahan lahan makam. Seharusnya pemerintah itu libatkan dulu masyarakat apakah mereka setuju atau tidak," sampainya. Sri mengatakan, sebenarnya bukan masalah biaya pemindahan yang dipikirkan oleh masyarakat. Akan tetapi memang terkait dengan lokasi kuburan itu sendiri. Mereka sayang untuk memindahkan makam keluarganya yang bahkan sudah bertahun-tahun ada dilokasi tersebut.

"Sebenarya bukan maslah biaya, tapi sayang saja jika ingin memindahkan makam keluarga ke lokasi yang juga belum tentu lebih baik. Emangnya tidak ada lahan lain lagi yang bisa dibangun kecuali kuburan ini," ujar Sri. Terpisah Yudi (46) salah satu warga lainnya mengatakan bahwa dirinya sudah acuh terhadap kenginan pemindahan kuburan Talang Rimbo. Pasalnya walaupun protes dari masyarakat terus diajukan, namun sepertinya niat untuk pemindahan tersebut sudah tidak bisa dibantah lagi. "Kalau saya sih terserah pemerintah saja lah. Soalnya lihat saja walaupun sudah banyak yang protes, tapi tetap saja berlanjut," katanya.

Sementara itu terkait dengan penyediaan lahan per kecamatan, Yudi mengakui mendukung saja apabila memang diperlukan. Dirinya tidak terlalu mempermaslahkan jika memang pemerintah menginginkan pengadaan lahan pemakaman untuk setiap Kecamatan. Kemudian, Gina (38) mengatakan jika memang akan ad penyediaan lahan pemakaman pada setiap Kecamatan, tentu dirinya mendukung. Karena menurutnya jika setiap kecamatan sudah memiliki lahan pemakamannya sendiri tentu juga akan mempermudah masyarakat untuk menentukan lokasi makam yang bisa dipergunakan sesua dengan lahan yang ada di kecamatan masing-masing.

"Kalau yang di Talang Rimbo saya gak berani komen lah, tapi jika terkait rencana pemerintah untuk membuat lahan pemakaman untuk masing-masing kecamatan itu saya rasa itu cukup bagus dan saya tentu sangat setuju," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Masyarakat Sayangkan Minim Sosialisasi

Terkini

Terpopuler

Pilihan