Pembangunan Harus Peduli Lingkungan

Pembangunan Harus Peduli Lingkungan

CURUP, CE - Pihak Badan Perencanana Pembanguanan Daerah (Bappeda) dalam proses perancangan pembangunan akan terus memperingatan agar setap rancangan harus memikirkan efek dari pembanguan. Hal ini dilakukan melihat banyaknya masalah yang terjadi akibat pembangunan yang tida melihat efek seperti pambanganunan jalan yang tidak memberikan ruang resapan air sehingga menimbukan genangan.

"Tim kami akan terus berupaya dalam pembangunan akan melihat efek dari pembanguan yang dikira akan merusak tata ruang kota," terang Kepala Beppeda Ir Zulkarnain. Dikatakan Zulkarnain, bahwa saat ini sangat banyak keluhan atas pembanguanan yang ada dikabupaten Rejang Lebong, baik yang telah terbanguankan atau yang mintak dibanguankan, seperti contohnya jalan yang tidak diberikan resapan air, sehingga membuat banjir terjadi dan juga membuat air banyak tergenang, perlu diketahui hal tersebut ada pembangunan yang telah terjadi namun dengan itu kebanyakan masyarakat tidak mengetahui siapa yang membangaun yang mereka salahkan jelas pemerintahan.

"Seperti yang di kelurahan Talang Rimbo itu jalan beberapa tahun yang lalu, namuan baru saat ini karena efek telah diterima olah mereka baru mempertanyakan," sampainya.  Dengan melihat hal tersebut tidak terjadi kembali pihaknya akan lebih ketat untuk memberikan periangatan kepala pelaksanan agar dalam membanguan bisa melihat efek yang akan terjadi untuk beberapa tahuan berikutnya, jangan hanya menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka saja, terlebih lagi untuk lingkungan perkotaan yang memang sangat banyak perlu penataan.

"Setiap pembanguan jalan dan juga saluran air, ini akn kita sangat pantau dan telah kita coba akan laksanakan agar antara jalan dan trotoar diberikan resappan air karena ini masalah yang sangat seriang terjadi," jelasnya. Terlabih lagi Zul, menyampaikan untuk masalah yang telah terjadi pihaknya tidak bisa berbuat banyak namun, hanya mencarikan solusi yang terbaik, namun untuk pembanguan - pembanguan berikutanya tata ruang bener - benar harus menjadi patokan, hal ini untuk menjadi efek yang terjadi ditahun - tahun berikutanya, karena kebanyak masalah yang terjadi ada efek ditahun - tahun berikutnya.

"Ini akan kita tangani dan dirancang dengan serius,agar tidak terjadi masalah yang serupa," ujarnya. Terhitung untuk masalah genangan air yang sering terjadi, dijalan lintas kelurahan Talang Rimbo, jalan Sukawati, jalan jend Sudirman kelurahan Air putih Baru, di kelurahan Air Bang Curup, jalan Sukaraja Curup, data terhimpun dari pantauan CE saat hujan berlangsung. (CE1)

Sumber:

Pembangunan Harus Peduli Lingkungan

Terkini

Terpopuler

Pilihan