Peninggalan Bekas Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Curup

 Peninggalan Bekas Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Curup

Salah satu jenis anggrek di lahan bekas kebun di Mangkurajo.-ist-

CURUPEKSPRESS.COM - Peninggalan bekas kebun bunga milik Ibu Tien Soeharto, istri dari Presiden Republik Indonesia II HM Soeharto. Ternyata letaknya jauh dari areal permukiman rumah warga. Nama desanya, Desa Mangkurajo, Kecamatan Lebong Selatan. Kala itu wilayah ini masih masuk wilayah Rejang Lebong sebelum pemekaran menjadi Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu. Lokasi ini menjadi saksi bisu dari keindahan dan sejarah tanaman bunga yang pernah menjadi favorit Ibu Tien.

 

 BACA JUGA:Resmikan PLTA Tes, Ibu Tien Seoharto Sempatkan Kunjungi Kebun Bunga Mangkurajo

BACA JUGA:Fantastis! Gaji Karyawan Kebun Bunga Tien Soeharto di Mangkurajo, Kala Itu Lebih Rp 6 Juta

Bekas kebun bunga ini terletak sekitar 7-8 kilometer dari Dusun II Desa Mangkurajo, yang merupakan tempat tinggal sebagian besar warga di kawasan tersebut. Meskipun masih berada dalam kawasan yang sama, jarang sekali warga datang berkunjung ke lokasi ini. Hal ini disebabkan oleh luasnya wilayah Desa Mangkurajo, yang membuat lokasi tersebut terpencil dan jarang dilalui orang.

 

Bunga anggrek, yang dulunya menjadi tanaman favorit Ibu Tien Soeharto di Desa Mangkurajo, kini hampir tidak terlihat lagi. Pengunjung yang pernah datang melaporkan bahwa sepanjang jalan setapak di area tersebut, tidak ada satu pun tanaman bunga atau anggrek yang bisa ditemukan.

 

BACA JUGA: Selain Anggrek, Bunga Jenis Gerbera Turut Mengisi Kebun Bunga Ibu Tien Soeharto di Mangkurajo

BACA JUGA:Tanaman Asparagus dan Stroberi Juga Ditanam di Kebun Bunga Tien Soeharto

 

Meskipun demikian, kemungkinan dapat ditemui tanaman bunga yang tersisa jika menjelajah lebih dalam ke area hutan yang tumbuh di lokasi bekas kebun bunga tersebut. Area ini kini telah menjadi hutan belantara dan ditumbuhi semak belukar, sementara sebagian lainnya dijadikan area perkebunan kopi oleh warga sekitar yang mayoritas berasal dari transmigrasi.

 

 

Sumber: