Luapan Drainase Picu Banjir

Luapan Drainase Picu Banjir

Di Kelurahan Kesambe Baru

CURUP, CE - Luapan drainase memang seringkali membanjiri Kelurahan Kesambe Baru. Dikatakan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Rejang Lebong, Selamet Riadi bahwa luapan drainase yang seringkali membanjiri rumah warga Kesambe Baru tersebut adalah akibat debit air yang sanagat tinggi pada saat hujan.

"Luapan drainase yang selalu terjadi tersebut karena memang debit air dari atas itu memang sangat besar," sampainya. Dirinya membantah jika masyarakat beranggapan bahwa meluapnya air pada saluran drainase disana akibat pekerjaan Dinas PU yang sembarang. Pasalnya pada saat pembersihan dan juga perehaban ulang saluran drainase beberapa bulan yang lalu pihaknya sudah melakuan pembersihan dan perbaikan dengan sebaik-baiknya.

"Bukan karena pekerjaan kami kemarin yang buruk bukan, tapi itu karena memang dibit airnya sangat tinggi sehinnga drainase tidak mampu menampung lagi," katanya. Sementara itu untuk solusi dari terus meluapnya saluran irigasi tersebut hanya ada dua solusi. Yang pertama saluran drainase tersebut dilakukan pelebaran, dan yang kedua ada pembangunan drainase lain di sisi lain jalan yang memang belum ada drainasenya.

"Sebenarnya solusinya itu drainase yang ada sekarang itu diperlebar atau ditambah," ujarnya. Namun diakui Selamet, untuk melakukan hal tersebut tentunya sudah tidak memungkinkan. Pasalnya sudah tidak ada lahan lagi untuk melakukan lebaran ataupun penambahan saluran drainase. Kendati demikian, Selamet mengatakan bahwa pihaknya akan memikirkan dan mencari solusi atas permasalahan tersebut. "Kita akan biacarakan dulu menganai bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut," pungkasnya. (CE2)

Sumber:

Luapan Drainase Picu Banjir

Terkini

Terpopuler

Pilihan