Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban Bakal Dicek

Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Qurban Bakal Dicek

LEBONG, CE - Menjelang Idul Adha 1441 Hijriah, Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan qurban. Dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun menjelang hari raya kurban.
Dikatakan Kepala Disperkan Lebong Emiwati MA.K melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disperkan), Drh Ferdi Ferdian bahwa mejelang Idul Adha, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, dalam pemeriksaan kesehatan hewan kurban nantinya pihaknya akan membentuk sebanyak empat tim yang terdiri satu tim berjlah 3-4 orang untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban.
"Pemeriksaan hewan kurban biasanya kami lakukan pada H-1 dan di hari H Idul Adha nanti," sampainya.
Lanjut Ferdi, pada H-1 pihaknya akan melakukan pendataan dan juga melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum dipotong. Pemeriksaan hewan pada hari H Idul Adha pihaknya melakukan pemeriksaan daging hewan kurban yang sudah dipotong sebelum daging dibagikan ke masyarakat dipastikan kelayakannya sebelum dikonsumsi. Sementara untuk pemeriksaan hewan yang masih hidup biasanya pemeriksaan kesehatan hewan secara umum. Guna untuk memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat, tidak cacat, tidak demam, dan tidak ada kelainan apapun, karena syarat utama hewan kurban harus sehat 100 persen tanpa cacat.
"Apabila ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak sehat, maka pihaknya akan meminta kepada yang bersangkutan untuk mengganti atau tidak mengurbankan hewan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, karena kondisi hewan yang akan di kurbankan harus sehat 100 persen. Jadi apabila ditemukan ada penyakit cacing hati akan kita rekomendasikan agar hatinya dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarakat nantinya," tandasnya. (CE4)

Sumber: