21 Pukesmas Sudah BLUD

21 Pukesmas Sudah BLUD

CE ONLINE - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong memastikan pada tahun 2021 ini, seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Adapun jumlah Puskesmas di RL saat ini berjumlah 21 Puskesmas. Demikian disampaikan Kepala Dinkes RL, Syamsir SKm kemarin.
"Alhamdulilah sudah dua tahun ini seluruh Puskesmas kita sudah BLUD," sampai Syamsir.

Dikatakan dengan sudah menjadi BLUD, seluruh Puskesmas saat ini sudah lebih fleksibela dalam melakukan pengelolaan anggaran mereka. Sesuai dengan tujuan pihaknya jika BLUD ini untuk meningkatkan pelayanan pada puskemas untuk bisa lebih maksimal dan tepat waktu.
"Fleksibel dalam arti kami, yakni mereka sudah dapat mengelo keuangan mereka, terlebih dalam memenuhi kebutuhan obat dan alkes habis pakai pada masing - masing Puskesmas, tanpa harus menunggu seperti selama ini mereka belum BLUD," terangnya.

Selain sudah selayaknya menjadi BLUD, tujuan utama pihaknya sendiri dalam menjadikan status mereka BLUD sendiri untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sehingga saat ini seluruh Puskesmas di Rejang Lebong tidak dapat lagi mengeluhkan soal anggaran, dimana mereka sudah mengelola dan menggunakan anggaran yang mereka dapatkan pada pelayanan puskemas.
"Dengan kata lain PAD mereka, mereka yang kelola untuk meningkatkan pelayanan dan kebutuhan obat untuk melayani masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu pihaknya pada tahun ini sedang mempesiapkan sejumlah pukesmas yang ada di Rejang Lebong untuk bisa melayakani rawat inap. Pasalnya sejuah ini memang belum seluruhnya pukesmas di Rejang Lebong yang rawat inap. Adapaun yang pihaknya siapkan yakni empat Puskesmas lainnya untuk dijadikan Puskesmas rawat ini yakni Puskesmas Watas Marga, Sambirejo, Tanjung Agung dan Puskesmas Sindang Beliti Ilir.
"Dimana kedepan ini seluruh pukesmas kita yang ada di 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong seluruhnya bisa rawat inap, terutama untuk wilayah yang jauh dengan Rumah sakit, dan khusus untuk menangani pasien yang sakit ringan, namun harus dirawat inap," pungkasnya. (CE1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: