Dari 9 Kegiatan, Hanya 3 Diakomodir

Dari 9 Kegiatan, Hanya 3 Diakomodir

CE ONLINE- Dari 9 usulan kegiatan penanggulangan bencana di Kabupaten Lebong yang sebelumnya diajukan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hanya 3 usulan yang diakomodir.

Anggaranya melalui pembiayaan APBN dana hibah rehab konstruksi tahun anggaran 2021.
"Sebelumnya memang ada 9 kegiatan fisik penanggulangan bencana yang kita ajukan kepada BNPB. Tetapi ternyata hanya 3 kegiatan saja yang diakomodir oleh mereka. Itupun harus dilakukan verifikasi lapangan terlebih dahulu oleh tim Tim Verifikasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB nantinya," sampai Kepala BPBD Kabupaten Lebong, Fakhrurrozi S. Sos MS.I melalui Kabid Penanggulangan Bencana, Toton ST.

Dijelaskan Toton, ketiga kegiatan yang akan diakomodir nantinya yaitu rekonstruksi Jembatan 3 Simpang Akhir Jalan 2 Jalur Air Blemeu Desa Sukau Kayo - Gunung Alam sebesar Rp 1,35 Miliar, rekonstruksi Bangunan Pengamanan Sungai Air Kotok Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara sebesar Rp 15,6 Miliar dan rekonstruksi Bangunan Pengamanan Sungai Air Kotok Kecamatan Amen sebesar Rp 26,1 Miliar.
"Untuk nilai pekerjaan itu juga masih bisa terjadi perubahan. Belum tentu sesuai dengan nilai yang sudah kita ajukan dalam proposal sebelumnya," ujar Toton.

Saat ditanya kapan kegiatan akan mulai dilaksanakan, Toton juga belum bisa memastikan kapan kegiatan 3 fisik konstruksi tersebut akan mulai berjalan. Mengingat hingga saat ini, BNPB masih akan melakukan tahapan verifikasi lapangan.
"Khusus untuk dana hiba BNPB ini dalam pelaksanaannya tidak tergantung dengan tahun anggaran berjalan. Jika nanti ternyata dana hiba ini baru turun pada bulan Desember 2021, maka pelaksanaannya nanti bisa kita gunakan waktu pekerjaan hingga Desember 2022 mendatang," tegas Toton.

Untuk diketahui, 9 item kegiatan penanggulangan bencana yang sebelumnya telah diajuka oleh BPBD Lebong yaitu diantaranya:

1. Rekonstruksi jembatan Air Racun di Ruas Jalan Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara (Lebong Tambang) sebesar Rp 850 juta.
2. Rekonstruksi jembatan Gantung Desa Talang Leak II sebesar Rp 2,3 Miliar.
3. Rehabilitasi Jembatan Lemeu Lemeu Air Uram Desa Lemeu-Pal VIII sebesar Rp 437 juta.
4. Rekonstruksi Jembatan 2 Simpang Akhir Jalan 2 Jalur Air Blemeu Desa Sukau Kayo-Gunung Alam sebesar Rp 1,54 Miliar.
5. Rekonstruksi Jembatan 3 Simpang Akhir Jalan 2 Jalur Air Blemeu Desa Sukau Kayo-Gunung Alam sebesar Rp 1,35 Miliar.
6. Rekonstruksi Bangunan Pengamanan Sungai Air Kotok Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara sebesar Rp 15,6 Miliar.
7. Rekonstruksi Bangunan Pengamanan Sungai Air Kotok Kecamatan Amen sebesar Rp 26,1 Miliar.
8. Rekonstruksi Bangunan Penanganan Sungai Air Ketahun Desa Talang Kerinci Kecamatan Bingin Kuning sebesar Rp 1,2 Miliar.
9. Rehabilitas Bangunan Pengaman Sungai Air Aman Kecamatan Lebong Utara sebesar Rp 118 Juta. (CE8)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: