Blanko KTP Aman Untuk 2 Pekan Kedepan

Blanko KTP Aman Untuk 2 Pekan Kedepan

CE ONLINE - Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) menyebutkan bahwa stok blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) aman setidaknya untuk 14 hari kedepan. Meskipun demikian, blanko tersebut masih cukup aman untuk memenuhi kebutuhan pemohon kependudukan di Kabupaten Rejang Lebong.

Sebagaimana disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Muradi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Ikhwan Setiawan, SH saat disambangin wartawan, Jumat (17/9) kemarin.
"Stok blanko e-KTP kita hari ini (kemarin red) tersisa sebanyak 1.009 keping lagi. Dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan pemohon dalam waktu 2 pekan kedepan," sampainya.

Dikatakan Ikhwan, ketersediaan blanko e-KTP tersebut didapat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Apabila stok mulai menipis, Disdukcapil Kabupaten Rejang Lebong bakal mengajukan perminaat blanko baru.
"Kalau biasanya stok blanko tinggal tersisa 500 keping kita akan segera mengusulkan lagi ke Provinsi untuk pengadaan baru," katanya.

Dalam wawancara pihaknya melanjutkan, setiap pengajuan yang dilakukan ke Provinsi umumnya pihaknya hanya menerima sebanyak 2.000 keping per satu kali pengajuan.
"Kadang lebih bisa 3.000 keping kami terima dari provinsi," ujarnya.

Menurutnya, pemohon pembuatan e-KTP kini dipermudah dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96/2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Dengan Perpres tersebut, WNI yang ingin membuat KTP tidak lagi harus menyertakan surat pengantar dari Ketua RT atau RW. Masyarakat yang ingin membuat e-KTP cukup memenuhi persyaratan berupa berusia 17 tahun dan membawa Kartu Keluarga (KK).
"Ditambah lagi kita punya alternatif lain yaitu pengajuan berkas via online. Jadi yang jauh tidak perlu capek-capek datang, bisa ajukan lewat smartphone, nanti bakal direspon oleh petugas. Silahkan hubungi nomor WhatsApp (WA) di 08117380174 atau 082175131084," tandasnya. (CW1)

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Kontak Whatsapp +62 821-7863-9651

IKUTI JUGA AKUN MEDIA SOSIAL CE DIBAWAH INI:

Sumber: