TPP ASN Belum Cair, BPKD Tunggu Rekomendasi Kemendagri

TPP ASN Belum Cair, BPKD Tunggu Rekomendasi Kemendagri

CURUP EKSPRESS.COM, REJANG LEBONG - Hingga saat ini, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong sejak Januari hingga Maret 2022 belum juga dibayar.

Hal ini sebagaimana disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Rejang Lebong, Andy Ferdian SE.
"Dari Januari hingga Maret ini, TPP ASN belum cair," ujarnya. 

Menurut Andy, belum dibayarkannya TPP tersebut lantaran saat ini pihaknya belum menerima rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dimana rekomendasi dari Kemendagri inilah, yang menjadi dasar pihaknya melakukan pembayaran TPP. 
"Kalau tidak salah yang sudah turun rekomendasi dari Kemendagri itu baru Provinsi, kalau untuk Kabupaten Rejang Lebong hingga saat ini belum turun. Makanya kami belum bisa melakukan pembayaran TPP," sampainya.

Lanjut Andy, jika nanti rekomendasi dari Kemendagri sudah turun maka secepatnya pihaknya akan melakukan proses pembayaran terhadap TPP. 
"Kalau untuk pembayarannya, karena memang dari Januari belum dibayar maka nanti jika rekomendasi sudah turun akan dirapel," katanya. 

Sekedar mengulas, Sekda Rejang Lebong Yusran Fauzi ST menyebut selain belum adanya rekomendasi dari Kemendagri, belum dibayarkannya TPP juga karena sebelumnya ada instruksi dari Pemerintah Pusat untuk menginput TPP ke aplikasi Sistem Informasi Monitoring Anggaran (Simona) yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Terhadap hal tersebut, saat ini tengah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Kemendagri yang nantinya akan diteruskan menjadi rekomendasi pembayaran TPP ke Pemda Rejang Lebong. Hanya saja, tegas Sekda anggaran pembayaran TPP untuk ASN di Pemkab Rejang Lebong sudah disiapkan dalam APBD tahun 2022. 
"Yang saat ini, hanya tinggal pembayarannya saja. Pembayaran baru bisa dilakukan ketika rekomendasi Kemendagri diterima Pemkab Rejang Lebong. Oleh karena itu, kami berharap ASN Pemkab Rejang Lebong untuk dapat bersabar," tandasnya. (CE5) 

Ingin Berlangganan Koran? Hubungi Whatsapp +628 2178 6396 51

IKUTI JUGA AKUN MEDSOS CE DIBAWAH INI:

Sumber: