PPDB SMPN 30 RL Hanya Ada 7 Siswa

PPDB SMPN 30 RL Hanya Ada 7 Siswa

Kepala SMPN 30 RL, Dadang Suganda M Pd.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 yang di dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30 Rejang Lebong yang beralamat di desa Kayu Manis Kecamatan Selupu Rejang hanya memiliki 7 orang pendaftar.

Jumlah tersebut merupakan dua kali lipat dari hasil PPDB yang di laksanakan pada tahun kemarin yang pada tahun lalu hanya ada 3 orang saja.

BACA JUGA :  Admin Arisan Bodong Belum Jadi TSK 

"Memang benar adanya jumlah siswa baru yang mendaftar di sekolah kami hanya ada 7 orang siswa dan jumlah tersebut sudah meningkat dari pada jumlah tahun kemarin yang pada saat itu hanya ada 3 orang siswa," ungkap Kepala SMPN 30 RL, Dadang Suganda M Pd.

Dikatakan Kepsek, sedikitnya siswa yang mendaftar di sekolah yang di pimpinya tersebut dikarenakan jumlah masyarakat di wilayah zonanya tersebut memang sedikit dan juga banyak siswa yang setelah tamat dari SD memilih sekolah di luar zonasi mereka.

BACA JUGA : Viral! Kasus Investasi Bodong di Curup 

"Kami telah berupaya secara maksimal mungkin untuk bisa meningkatkan siswa yang mendaftar di sekolah kami dengan melakukan promosi ke SDN 45 RL dan Juga SDN 137 RL yang merupakan sekolah yang berada di zonasi kami akan tetapi sejauh ini belum ada hasil yang memuaskan karena SD tersebut juga sangat sedikit meluluskan siswa kelas VI, kalau untuk SDN 45 RL hanya ada 12 orang siswa yang lulus sedangkan untuk SDN 137 RL hanya meluluskan 11 orang, jika di ganungkan lulusan dari kedua sekolah tersebut seharusnya kami memiliki 23 orang pendaftar PPDB," jelas Kepsek. 

Sambung Kepsek, pihaknya telah menyampaikan pesan melalui media whatsaap kepada kepala SMP terdekat seperti SMPN 7 RL yang Desa Duku Ulu serta SMPN 3 RL yang beralamat di kelurahan Talang Ulu kecamatan Curup Timur agar menolak pendaftar yang berasal dari SD yang berada di zonanya tersebut, bahkan pesan tersebut juga diteruskannya kepada Kabid SMP Dikbud RL.

BACA JUGA : Duit Korban Arisan Bodong Terancam Tak Kembali

"Sebenarnya pada saat Verifikasi PPDB kemarin kami berharap dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan bisa mengecek dan memeriksa betul data siswa yang mendatar di masing - masing sekolah sehingga nantinya jika di temui siswa yang tidak sesuai dengan zonanya pendaftarannya di tolak dan di kembalikan kepada sekolah yang memang berada di zona tempat tinggal siswa tersebut," ujar Kepsek. 

Sementara itu Kabid SMP Dikbud RL, Dedi Warsito SP mengatakan pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin supaya jumlah siswa di masing - masing SMP di tahun ini bisa terpenuhi kebutuhan nya.

BACA JUGA : Anggaran 15 ODGJ Rp 7,5 Juta

Bahkan pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh kepala SMP agar tidak melanggar peraturan dari petunjuk dan teknis pelaksanaan PPDB dengan harapan semua kuota siswa baru yang di butuhkan oleh masing - masing sekolah tersebut dapat terpenuhi. 

"Pada saat PPDB kemarin kami sudah memeriksa semua berkas dari laporan masing - masing sekolah tesebut, bahkan kami tidak meloloskan sebanya 83 orang siswa karena tidak sesuai dengan zona sekolah yang mereka daftarkan," pungkas Dedi.

BACA JUGA : DLH RL Usulkan Pengadaan Steam 

Sambung Dedi pihaknya kembali mengingatkan kepada siswa yang belum di terima agar mendaftarkan diri sesuai dengan zona wilayah tempat tinggal mereka.

Sumber: