Waspada! Bencana Alam Mengancam

Waspada! Bencana Alam Mengancam

DOK/CE Bencana alam banjir yang menggenang kawasan Kota Curup beberapa waktu lalu.--

REJANG LEBONG,CURUPEKSPRESS.COM - Hujan lebat yang mengguyur seluruh wilayah di Kabupaten Rejang Lebong dalam satu hingga dua hari ini, dapat mengakibatkan potensi terjadinya bencana alam.

Sebagaimana dikatakan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten RL, Drs Shalahuddin, mengingat tinggi curah hujan di RL baru-baru ini pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan mawas diri.

"Kami ingatkan kembali kepada masyarakat tanpa terkecuali, agar waspada terhadap bencana alam mungkin terjadi disekitar kita," sampainya.

Ini menurut Kalak, bencana alam bisa terjadi kapan dan dimana saja yang bisa mengancam keselamatan masyarakat.

BACA JUGA:Rizon Gumanti Jabat Sekretaris KPU Kepahiang, KPU RL Gelar Acara Pelepasan

BACA JUGA:Jual Chip di FB, Warga Sidorejo Diciduk Polisi

Kalak menjelaskan, kondisi perubahan cuaca saat ini hampir tidak bisa diprediksi lagi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui bulan dengan berakhiran 'ber' biasanya merupakan bulan musim penghujan, dan bulan dengan berakhiran 'ri' merupakan bulan musim kemarau.

"Entah kenapa sekarang sangat sulit untuk bisa memprediksi cuaca. Seperti bulan Agustus ini, yang semestinya masuk musim kemarau tapi nyatanya curah hujan masih tinggi," jelas Kalak.

Kewaspadaan dikhususkan bagi masyarakat yang berada di wilayah sekitar aliran sungai, berada di wilayah perbukitan atau lereng bukit, berada di wilayah dengan kontur tanah yang berpotensi longsor, dan masyarakat yang bermukim di bawah pepohonan.

BACA JUGA:2 Putra Lebong Dilantik Menjadi Perwira Transportasi

"Wilayah-wilayah yang disebutkan tadi berpotensi besar terjadi bencana, jadi harus ekstra hati-hati," ujarnya.

Kalak juga menambahkan, sejuah ini pihaknya belum menerima laporan adanya peristiwa bencana alam akibat guyuran hujan lebat yang melanda wilayah RL beberapa hari belakangan.

"Syukurnya sejauh ini belum ada laporan terkait bencana alam di daerah kita. Semoga saja tidak terjadi apa-apa," tutupnya.

Sumber: