Bendahara Akui Tak Dilibatkan Penyaluran BLT DD Tabeak Kauk

Bendahara Akui Tak Dilibatkan Penyaluran BLT DD Tabeak Kauk

Dok/CE Ruang penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Lebong--

LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Ada yang menarik dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Lebong terhadap Bendahara Desa Tabeak Kauk Kecamatan Lebong Sakti, atas adanya dugaan penggelapan  bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) yang dikelola Pemerintahan Desa Tabeak Kauk.

Jika kepada penyidik, bendahara desa mengaku, dirinya tidak dilibatkan dalam kegiatan penyaluran bantuan tersebut.

BACA JUGA:Kurang Dari 4 Jam Pencarian, 4 Jenazah Penambang Emas Ditemukan Tidak Bernyawa

BACA JUGA:MA Muhammadiyah Curup,Terima Visitasi Kakan Kemenag

Hal ini disampaikan, Kapolres Lebong, AKBP Awilzan SIK, melalui Kasat Reskrim, Iptu Alexander SE, didampingi Kanit Tipikor  Aipda Maslikhan.

"Kami sudah melakukan klarifikasi pada bendahara desa setempat, kepada penyidik bendahara mengaku bahwa dirinya tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan penyaluran BLT. Sementara yang bersangkutan hanya diminta untuk melakukan pencairan sebelum bantuan tersebut disalurkan kepada warga penerima," ungkapnya.

Lanjut Maslikhan, sebelumnya kepada penyidik, Kepala Desa Tabeak Kauk mengaku, jika kegiatan penyaluran BLT DD tersebut, dilakukan pada kediaman kades itu sendiri.

BACA JUGA:Polisi Amankan 9,8 Kubik Kayu

BACA JUGA:Curi Beras 1 Karung, Kakek Polisikan Cucu

Sementara teknis penyaluran bantuan diberikan secara simbolis kepada warga yang sudah ditetapkan sebagai KPM penerima bantuan.

"Keterangan ini klop dengan apa yang disampaikan Kades bersangkutan sebelumnya. kalau bantuan tersebut dibagikan di kediaman kades, jadi setiap warga penerima itu dipanggil perorangan dan diminta melakukan penandatanganan. Jika disimpulkan teknis penyaluran bantuan itu sudah salah, karena tidak dilaksanakan secara terbukanya dan tanpa ada keterlibatan pihak-pihak lainnya," singkatnya.

BACA JUGA:Tambang Emas di Lebong Makan Korban Jiwa, 4 Penambang Tewas

 

Sekedar mengingatkan pada sebelumnya realisasi penyaluran BLT Desa Tabeak Kauk, penyidik mengendus adanya dugaan pemalsuan tanda tangan yang dilakukan pemerintah desa setempat. 

Hal tersebut berdasarkan dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dan kroscek data realisasi penerima ke dinas PMD Lebong, yang sudah ditandatangani semua warga yang ditetapkan sebagai penerima bantuan. 

Sumber: