Wujudkan Sekolah Sehat, SDN 164 RL Gandeng Puskesmas

Wujudkan Sekolah Sehat, SDN 164 RL Gandeng Puskesmas

IST/CE Aktivitas Tim Puskesmas Sindang Dataran membina siswa SDN 164 RL dalam kegiatan aksi Sikat Gigi Massal.--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Dalam upaya untuk mewujudkan menjadi salah satu sekolah sehat di Kabupaten Rejang Lebong, SDN 164 RL menjalin kerja sama dengan pihak puskesmas Kecamatan Sindang Dataran.

Kerjasama tersebut yakni pembinaan kepada seluruh pengurus usaha kesehatan sekolah (UKS) dan juga pemeriksaan kesehatan siswa secara rutin serta berobat gratis bagi siswa di sekolah tersebut jika sedang sakit.

"Syukur Alhamdulillah sekolah kami saat ini sudah menjalin kerjasama dengan pihak puskesmas Sindang Dataran, jadi siswa di sekolah kami nanti akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara rutin selama satu bulan sekali," ujar Kepala SDN 164 RL, Suriadi SPd kepada wartawan pada Senin 19 September kemarin.

BACA JUGA:Nyambi Jadi Kurir Ganja, Pelajar Diringkus!

BACA JUGA:Siap-Siap Rekrutmen PPPK Segera Dimulai, Kemepan RB Tetapkan 388 Kuota PPPK

Dikatakan bahwasanya selain siswanya  mendapat pemeriksaan kesehatan secara rutin oleh pihak puskesmas, siswa di sekolahnya tersebut terutama petugas UKS juga langsung mendapatkan pembinaan oleh pihak puskesmas.

"Jadi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler UKS langsung diajarkan oleh pihak puskesmas, bahkan pihak puskesmas pun sudah mempunyai jadwal rutin setiap minggunya untuk melakukan pembinaan kesehatan di sekolah sekolah kami," jelas Kepsek.

Lanjut Kepsek bahwasanya setiap minggunya petugas kesehatan dari puskesmas Sindang Dataran tersebut dijadwalkan hadir setiap hari Selasa untuk melakukan pembinaan kesehatan ataupun pemeriksaan.

"Bahkan kami juga melaksanakan kerjasama berobat gratis bagi siswa, jadi siswa di sekolah kami ini bila mengalami sakit maka akan digratiskan berobat di puskesmas kecamatan Sindang Dataran," terang Kepsek.

BACA JUGA:Madrasah Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka

BACA JUGA:ASN Gelapkan Motor Ojek, Terancam 4 Tahun Penjara

Lebih jauh Kepsek kembali menyampaikan bahwasanya selai menjalin kerjasama dengan pihak puskesmas untuk mewujudkan sekolah sehat, sekolah nya tersebut juga telah membuat berbagai macam program lainnya.

Diantaranya yakni potong rambut dan potong kuku secara rutin selama satu bulan sekali, aksi makan dan minum susu secara rutin selama satu bulan sekali, dan juga pihaknya juga telah membuat taman apotik hidup di sekolahnya.

"Harapan kami semoga dengan terjadinya kerjasama dengan pihak puskesmas Sindang Dataran dan juga pelaksanaan beberapa program yang tengah kami laksanakan tersebut, sekolah kami bisa menjadi satu satunya sekolah percontohan sekolah sehat di kecamatan Sindang Dataran ini, yang pastinya harapan kami semoga hajat tersebut mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama dari pihak pemerintah kabupaten RL. Pasalnya untuk menjadi sekolah sehat tentunya sangat membutuhkan banyak dukungan dari semua pihak, apalagi saat ini sekolah kami   belum mempunyai sarana prasarana yang lengkap yang mendukung, seperti ruangan toilet, UKS, Lab, dan Kantin," ungkapnya.

Sumber: