Peringati Hari Kesaktian Pancasila, SDN 21 RL Gelar Pawai Kemerdekaan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, SDN 21 RL Gelar Pawai Kemerdekaan

CW/CE Kegiatan pawai kemerdekaan di SDN 21 RL di ikuti secara antusias oleh siswa. --

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM- Sebagai peringatan peristiwa berdarah G30S PKI dan juga memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022.

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 21 Rejang Lebong melaksanakan pawai kemerdekaan di sekolahnya. 

Adapun kegiatan pawai tersebut dimulai dari sekolah dan menyusuri jalan Lintas Lubuklinggau yang berada di Desa Simpang Beliti menuju ke Desa Kepala Curup kecamatan Binduriang.

Dan  didalam kegiatan pawai tersebut juga mendapat dukungan dari berbagai instansi yang lain seperti Koramil Binduriang, Polsek PUT, dan Camat Binduriang yang dalam kesempatan tersebut juga langsung mengikuti kegiatan pawai tersebut. 

"Pada momen peringatan G30SPKI dan juga Hari Kesaktian Pancasila pada tahun ini kami ingin memperingatinya dengan cara yang berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, di tahun ini kami kemas kegiatannya dalam bentuk pawai yang menggambarkan bagaimana kekejaman para PKI yang sudah menjajah bangsa Indonesia pada masa itu," sampai Ketua Panitia Pelaksana Pawai Kemerdekaan SDN 21 RL,Yupiyan Alisandi SPd pada Sabtu (1/10) kemarin.

BACA JUGA:Akreditasi SDN 132 RL Terhambat Administrasi Proses Pembelajaran

BACA JUGA:IAIN Curup Lepas 188 Mahasiswa PPG, Angkatan ke-I

Dikatakan dalam kegiatan pawai tersebut khususnya siswa kelas besar di sekolahnya yakni kelas V dan VI mereka tugaskan masing - masing siswa untuk memerankan tokoh pada momen tersebut.

Dimana ada yang menjadi TNI, Polisi, dan juga ada yang menjadi rakyat  jelata yang menerima siksaan dan dijajah dan untuk kelas rendah ikut meramaikan dengan mengibarkan bendera merah putih.  

"Pada perayaan pawai tersebut memang benar benar menggambarkan masa penjajahan seperti menggambarkan pelaksanaan kerja rodi, romusa dan sebagainya," jelasnya.

Sambung Ketua Panitia, bahwasanya dilaksanakan kegiatan pawai tersebut oleh pihaknya selain ingin memperingati G30S PKI dan juga Hari Kesaktian Pancasila juga ingin meningkatkan rasa nasionalisme dengan menghargai jasa para pahlawan dan juga menanamkan nilai - nilai Pancasila didalam kehidupan.

BACA JUGA:MAN RL Bangkitkan Ekstrakurikuler Pramuka, Pasca Pandemi

BACA JUGA:Roadshow Lomba Mewarnai Hari Ini CE Sambangi SDN 72 RL

"Dengan melaksanakan kegiatan ini kami selaku sekolah penggerak mengharapkan selain bisa menggerakkan sekolah - sekolah yang lain, juga bisa menggerakkan seluruh masyarakat sekitar untuk menjadi lebih baik lagi, seperti ungkapan presiden Ir Soekarno yakni bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa parah pahlawan. "Jasmerah" jangan sekali kali melupakan sejarah," pungkasnya.

Sumber: