Dikbud Data Penerima Seragam Gratis

Dikbud Data Penerima Seragam Gratis

ilustrasi seragam--

REJANG LEBONG, CURUPEKSPRESS.COM - Pemberian seragam gratis bagi para siswa baru di Rejang Lebong, saat ini masih tahap pendataan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong. 

Kepada wartawan, pihak Dikbud menyebut saat  ini pihaknya masih berada pada proses pendataan kepada masing - masing siswa baru tingkat SD maupun SMP di kabupaten RL. 

Adapun dejauh ini dari keseluruhan SD Negeri maupun Swasta yang ada di kabupaten RL masih ada 9 sekolah Negeri  dan juga 2 sekolah Swasta yang belum menyampaikan data siswanya.

sekolah tersebut diantaranya yakni SDN 76 RL, SDN 18 RL,SDN 158 RL, SDN 162 RL, SDN 133 RL, SDN 133 RL, SDN 121 RL, SDN 151 RL, SDN 155 RL, dan SD Swasta yakni SDN Tarbiyah, dan juga SDIT Khoiru Ummah, sedangkan untuk SMP ada 9 SMP Negeri dan 2 SMP Swasta yang belum melaporkan data siswanya.

BACA JUGA: PonPes Darul Ma'arif NU Adakan Kegiatan HSN

BACA JUGA: Kasus Lakalantas Didominasi Pelajar

sekolah tersebut yaitu SMPN 3 RL, SMPN 8 RL, SMPN 35 RL, SMPN 41 RL, SMPN 19 RL SMPN 18 RL, SMPN 36 RL, SMPN 38 RL, SMPN 32 RL, dan juga SMP PGRI serta SMPIT Khoiru Ummah.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Sarana Prasarana Bidang SMP Dikbud RL, Bayu Panji Aji ST, MSi pada Senin (10/10) kemarin.

"Untuk program seragam gratis saat ini masih dalam tahap pendataan, untuk batas akhir pendataan terhadap siswa baru masing - masing sekolah akan kami lakukan sampai dengan 31 Oktober mendatang, dan untuk sekolah yang belum melaporkan data siswa penerima seragam tersebut agar segera melaporkan sampai dengan batas akhir yang sudah ditentukan. Bagi yang tidak melaporkan sampai batas akhir maka dipastikan siswa sekolah tersebut tidak akan mengikuti program seragam gratis tersebut,'' ujarnya.

Dikatakan Bayu bahwasannya setelah proses pendataan pihaknya akan melakukan rekapan dari jumlah siswa dan juga ukuran baju dari masing masing sekolah di RL.

BACA JUGA: Siswa SDN 62 RL Antusias Ikuti Mewarnai CE

BACA JUGA: 150 Hektar Sawah Dibantu Bibit Padi

Dan setelah proses perekapan tersebut baru pihaknya akan melaporkan ke Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Rezza Fahlevi SH.

"Setelah mendapatkan SK dari Kadis Dikbud baru kami bisa diadakan pengadaannya dan diperkirakan pada Desember mendatang seragam tersebut baru bisa direalisasikan,"jelasnya.

Sambungnya bahwasanya mengenai pengadaan seragam gratis tersebut nantinya pihaknya akan melakukan pengadaannya  melalui e - Katalog jadi tiada ada istilah Tender dalam program tersebut.

"Untuk SMP akan mendapatkan sepasang seragam Putih Biru, dan untuk SD juga hanya mendapatkan sepasang seragam Putih Merah," terangnya.

BACA JUGA: Sebelum Difungsikan, Disperindagkop Lebong Susun Regulasi PTM

BACA JUGA: 5 Usulan Raperda Kepahiang Masuk Propemperda 2023

Dan juga disampaikan Bayu bahwasanya memang sebelumnya pada APBD murni pengajuan seragam gratis yang akan diberikan ke siswa baru tersebut berjumlah 2 pasang, akan tetapi karena adanya Defisit Anggaran pada APBD perubahan sehingga hanya sepasang baju tersebut yang bisa dianggarkan pada tahun ini.

"Sebelumnya anggarannya berkisar 3,5 Miliar, dan sekarang ini pada APBD perubahan setelah mengalami Defisit Anggaran maka anggaran yang tersedia hanya tersedia 2,8 Miliar saja," pungkasnya.

Sumber: